Agung Mulyana Harapkan Cinta Bahasa Indonesia Terus Dikembangkan
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 09-11-2015 | 09:25 WIB
photoo.jpg
Penjabat Gubernur Kepulauan Riau melepas peserta jalan santai dalam rangka Gerakan Akbar Cinta Bahasa Indonesia (GACBI). (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Penjabat Gubernur Kepulauan Riau melepas ratusan peserta jalan santai dalam rangka meramaikan kegiatan Gerakan Akbar Cinta Bahasa Indonesia (GACBI) di lapangan Pamedan Ahmad Yani, KM 4 Tanjungpinang, Minggu (8/11/2015).


Kegiatan perdana di Kepulauan Riau ini diprakarsai oleh Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau dengan tujuan untuk menggerakkan masyarakat Kepri, khususnya di Tanjungpinang untuk bangkit dan cinta dengan bahasa persatuan, yakni Bahasa Indonesia.

Apalagi, notabene Bahasa Indonesia adalah berasal dari Bahasa Melayu yang bernuara di Pulau Penyengat.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur menyebutkan bahwa bahasa daerah (Melayu) sebagai sumber kosa kata bahasa indonesia dan harus di kembangkan untuk bahasa persatuan indonesia.

"Kegiatan ini tentu sangat baik buat kita semua. Terutama dari segi menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap Bahasa Indonesia, dan melalui gerak jalan ini kita menjadi lebih sehat. Adapun yang lebih penting, kegiatan seperti ini akan menumbuhkan rasa kebersamaan diantara kita," ujar Gubernur dihadapan peserta gerak jalan yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat.

Sementara itu, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepri Dwi Sultana dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan ini diselenggarakan guna peningkatan kompetensi berbahasa dan berbahasa untuk siswa, guru dan masyarakat.

"Tujuan kita menggelar kegiatan ini adalah untuk mengingatkan kembali kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara kita. Yang mana, Bahasa Indonesia ini merupakan pemersatu Bangsa Indonesian," ujarnya. 

Editor: Dardani