Pemprov Kepri Lakukan Persiapan Jadi Tuan Rumah Sail Karimata 2016
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 02-11-2015 | 17:57 WIB
Rapat_Koordinasi_Gubernur_dan_SKPD_dalam_Acara_Selat_karimata._edit.JPG
Rapat koordinasi persiapan Provinsi Kepri menjadi tuan rumah Sail Selat Karimana. 2016

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Provinsi Kepri kembali dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan event nasional 'Sail Karimata 2016'. Sebagai tuan rumah yang akan menyemenggarakan festival bahari dalam even Sail Karimata 2016 di wilayah Barat, Kepri berkolaborasi dengan Provinsi Kalimantan Barat sebagai tuan rumah di wilayah Timur.

Untuk menyukseskan acara tersebut, Provinsi Kepri mulai menggelar persiapan perencanan melalui rapat persiapan awal yang langsung dipimpin Penjabat Gubernur Kepri Agung Mulyanan. Rapat persiapan yang digelar di aula kantor gubernur, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Senin (2/11/2015), dihadiri seluruh kepala SKPD dan perwakilan dari seluruh kabupaten dan kota.

Kepada kepala daerah dan SKPD yang hadir, Agung Mulyanan mengatakan, kegiatan Even Nasional Sail Karimata 2016, yang merupakan gawean tahunan Indoensia Wonderfull, telah dilaksanakan sejak 2009 yang pada saat itu mengambil tema 'Sail Bhunaken'.

Pada 2016 nanti kata dia, Kepri akan menjadi tuan rumah pelaksanaan ke-8 even Sail Karimata itu, dan melalui kegiatan ini, Agung berharap, akan dapat dimanfaatkan pemerinrah dan masyarakat kepri, dalam mendongkrak target kunjungan pariwisata ke Kepri.

"Ini adalah kesempatan bagi kita. Apalagi Menteri Pariwisata sangat bergantung kepada Kepulauan Riau untuk menggenjot pencapaian target kunjungan wisman. Secara nasional targetnya adalah diatas 10 ribu wisman, sedangkan target kita (Kepri) 2,5 juta wisman. Selain Bali dan DKI, Menpar mengakui jika Kepri merupakan provinsi yang diandalkan untuk mendongkrak target tersebut," kata Agung.

Jika even Sail Karimata 2016 merupakan kegiatan pusat yang didanai APBN, Pj. Gubernur Agung meminta agar satu bulan sebelum pelaksanaan kegiatan, Provinsi Kepri dapat melakukan kegiatan Festival Bahari Kepri, dengan harapakan kegitan ini nantinya akan menjadi ajang jualan dan promosi bagi Pemprov Kepri atas potensi-potensi parewista yang dimiliki.

"Lebih jelasnya, kegiatan Festival Bahari Kepri ini kita gelar sebulan sebelum Sail Karimata 2016. Tujuannya jelas untuk promosi kebaharian yang kita punya, disamping untuk menyambut even Sail Selat Karimata itu sendiri," jelas Agung.

Secara spesifik, karena Kepri merupakan salah satu daerah yang menjadi andalan nasional untuk mendongkrak kunjungan wisman. Diakui Agung jika Kepri sangat membutuhkan dukungan dari pusat, untuk promosi dan untuk mengemban.

Permintaan lain yang juga disetujui Menpar RI adalah susul Gubernur terkait Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Anambas. Bahkan untuk ini, di 2016 nanti Menpar akan mengnganggarkan di APBN. Baca: Pusat Putuskan Sail Karimata 2016 di Kayong Utara dengan Anggaran Rp 3 Triliun
 
"Dan yang kita minta lainnya adalah dukungan dari Pemerintah pusat terkait pengembangan atraksi-atraksi atau event-even di Kepulaun Riau. Dan salah satunya festival Bahari Kepri dan Sail Selat Karimata ini, disamping itu tentu banyak kegiatan-kegiatan lain yang kita rencanakan. Dan Alhamdulillah, semua yang kita usulkan langsung di 'ok' kan sama Pak Menteri," ujar Agung.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti menjelaskan bahwa sejak Tahun 2009, Sail Selat Karimata 2016 nanti  adalah yang ke-8. Pertama kali diselenggarakan dengan nama Sail Bhunaken  2009, Sail Banda 2010, Sail Waktobi Belitong 2011, Sail  Morotai 2012, Sail Komodo 2013, Sail Raja Ampat 2014, Sail Tomini 2015 dan rencananya Sail Karimata di 2016 nanti.

"Jika Dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, Sail Karimata ini nanti akan menjadi yang  terpanjang rutenya, banyak Provinsi yang dilibatkan dan harus menjadi yang terheboh tentunya," kata Guntur.  

Editor: Dardani