APBD Perubahan 2015 Kepri Disahkan Pekan Depan
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 24-10-2015 | 16:10 WIB
jumaga-nadeak.....jpg
Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak mengatakan pembahasan APBD Perubahan 2015 Kepri hingga saat ini masih terus digesa dan diperkirakan pada Rabu (28/10/2015) pekan mendatang akan dapat disahkan.

"Pembahasannya saat ini, masih di tingkat komisi untuk dilakukan rasionalisasi dan sinkronisasi atas defisit anggaran Rp 757 miliar di APBD murni," kata Jumaga kepada BATAMTODAY.COM, Sabtu (24/10/2015). 

Setelah pembahasan di komisi, Selasa mendatang direncanakan akan digelar pandangan akhir yang selanjutnya pada Rabu (28/10/2015) sudah dapat disahkan setelah pandangan Fraksi.

Sebenarnya,‎ kata Jumaga, dalam pembahasan APBD-P 2015, tidak ada yang krusial untuk kegiatan program baru, justru yang dibahas adalah pengurangan kegiatan atas defisit APBD. Contohnya, dari sejumlah kegiatan program yang sebelumnya terdapat di APBD murni, tetapi karena adanya defisit terpaksa dipindahkan pada kegiatan APBD 2016. 

Selain itu, tambah dia, ada juga kegiatan yang sudah dilaksanakan, tetapi karena dananya tidak tersedia di dalam APBD karena defisit, perlu dilakukan re-negosiasi kontrak. 

"Hingga saat ini ada sekitar Rp 5-10 miliar, kegiatan APBD Murni yang sudah dilaksanakan, tetapi dananya belum tersedia di APBD, sehingga perlu dilakukan renegosiasi kontrak. Artinya, kegiatanya tetap dilaksanakan pihak ketiga hingga selesai, sementara pembayarannya akan masuk ke dalam pembiayaan pada APBD 2016," jelasnya. 

Kalau hal tersebut sudah selesai dibahas dan disepakati, Jumaga optimis, pada pekan mendatang APBD P Kepri, dengan besaran pagu Rp 2,9 triliun sebagai mana KUA/PPAS yang disampaikan Pemerintah Provinsi Kepri, akan segera dapat disahkan.

Editor: Dodo