Jarak Pandang Hanya 0,5 Mil, KSOP Tanjungpinang Hentikan Pelayaran
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 24-10-2015 | 10:36 WIB
kabut-asap-sbp.jpg
Kabut asap menyelimuti Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kantor Syahbandar dan Otoritas Kepelabuhanan (KSOP) Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, kembali membatasi pelayaran kapal antarpulau, dan ke luar negeri akibat kabut asap pekat yang masih melanda wilayah Kepri, Sabtu (24/10/2015).

Kepala Seksi Keselamatan Pelayaran KSOP Tanjungpinang, Emi Mulyani mengatakan, pembatasan pelayaran ke berbagai tujuan dari Tanjungpinang, dimulai pukul 9.45 WIB dikarenakan jarak pandang yang semakin terbatas.

"Hal itu dilakukan karena semakin siang kondisi asap semakin pekat, yang menyebabkan jarang pandang di laut akibat asap hanya 0,5 mil," kata dia kepada BATAMTODAY.COM di pos pemberangkatan Pelabuhan Domestik SBP Tanjungpinang.

Sebelumnya, tambah Eni, sejumlah kapal telah diberangkatkan ke sejumlah tujuan sejak pukul 7.30 WIB tadi. "Untuk hari ini, kalau asap semakin pekat, dan jarak pandang masih tetap di bawah 1 mil, maka pembatasan pelayaran akan tetap kami lakukan demi keselamatan penumpang," ujarnya.

Sementara, Syafril, petugas KSOP Tanjungpinang mengatakan, selain di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, pemberangkatan kapal dari Batam juga ditunda akibat tebalnya kabut asap di kawasan Pulau Ngenang.

"Kalau di kawasan pelabuhan ini ini masih di atas 1 mil, tapi mendekati Batam, seperti di Pulau Ngenang, jarang pandang di sana di bawah 1 mil, sehingga sangat mengganggu pandangan," jelasnya.

Editor: Dodo