Dampak Kabut Asap, ‎Sindo Ferry dan Wave Master Delay Ratusan Penumpang Hingga Besok
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 23-10-2015 | 19:13 WIB
IMG_20151023_164913_edit.jpg
Konter penjualan tiket fery internasional tujuan Singapura dan Malaysia di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang- Kabut asap juga memaksa operator Dindo Ferry Wave Master tujuan Singapura dan Malaysia, menunda keberangkatan penumpangnya hingga besok, Sabtu,(24/10/2015).

Tragisnya, kendati ratusan penumpang mengagku sudah menunggu sejak pukul 13.00 Wib siang di Pelabuhan Internasinl Sri Bintan Pura (SBP) untuk namun sampai pukul 14.30 Wib, ‎belum juga ada kesejalan keberangkatan ferry mereka.  

Hj. Zaitun, seorang penumpang Sindo Ferry tujuan Malaysia mengatakan, dirinya menunggu 3 jam di pelabuhaan untuk mendapat kepastian berangkat dari Agen Ferry Sindo. Namun, hingga menjelang pukul 16.30 Wib pihak agen kapal baru mengumumkan keberangkatan fapal yang ditunda hinga besok pagi. 

"Dari tadi kami sudah 3 Jam menunggu di pelabuhan, hingga akhirnya diberitahukan agen dan pihak kapal, kalau keberangkatan ditunda dan akan dilakukan besok pagi," ujar Zaitun yang mengaku tinggal di Jalan Kampung Jawa Tanjungpinang ini. 

Sedangkan mengenai tiket dan baording pass, diakui Hj.Zaitun memang tinggal menukarkan jadwal saja ke agen. 

"Karena dibilang besok pagi baru bisa berangkat, kami sudah tukar semua tiket dan baording pass untuk berangkat besok pagi, dan memang tidak ada tambahan biaya," jelasnya. 

‎Hal yang sama juga dikatakan penumpang Wave Master lainya tujuan Singapura. Operator ferry tujuan Singapura itu juga dibatalkan dan akan dilaksanakan pada esok pagi, menunggu kabuat asap dan jarak pandang pelayaran memungkinkan. 

Sementara itu, Maneger Operasional Agen Ferry Sindo, Aboy yang ditemui BATAMTODAY.COM di Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang mengatakan, delay ke Singapur dan Malaysia itu, secara ekonomi pihaknya jelas merugi. Tetapi karena faktor alam dan cuaca berupa asap pekat hingga pihaknya harus memaklumi,.

"Secara bisnis kita udah jelas rugilah, tapi inikan cuaca, apa boleh buat, hingga kami putusan untuk memberangkatkan penumpang besok pagi,"ujarnya. 

Adapun jumlah penumpang yang batal Berangkat menggunakan Ferri Sindo, pada jadwal pukul 13.00 Wib, dan pukul 17.00 Wib, berjumlah 100 Orang. Demikian juga dua Kapal Ferry Sindo dari Singapura Tujuan Tanjungpinang, hingga saat ini terpaksa tertahan dan tidak diberangkatkan. 

Editor: Dardani