Otorita Pelabuhan Tanjungpinang Juga Larang Operasi Fery Rute Singapura dan Malaysia
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 23-10-2015 | 18:00 WIB
IMG_20151023_155813_1_edit.jpg
Kantor Kesyabandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Dengan alasan keselamatan, akibat kabut asap pekat, Kantor Kesyabandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, hingga pukul 16.00 Wib melarang seluruh kapal ferry domestik tujuan Batam dan pulau lainya. Termasuk, ferry internasional tujuan Malaysia dan Singapura. 

"Penundaan pelayaran, terjadi sejak pukul 10.00 Wib tadi pagi, karena dari pandangan visual, kabut asap masih sangat pekat, hingga mengancam keselamatan pelayaran," ujar Kabag TU merangkap Humas KSOP Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Uripno pada BATAMTODAY.COM, Kamis,(23/20/2015). 

Selain di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, tambah Uripno, penundaan pelayaran juga terjadi di 3 Pelabuhan Batam seperti di  Sekupang, Harbor Bay dan Pelabuhan Punggur atas pekatnya kabut asap kiriman di wilayah Batam dan Tanjungpinang. 

"Sampai saat ini, kami masih menunggu kabut asap-nya mulai reda, dan jika sampai pukul 17.00 Wib, juga kepekatan asap masih sama, maka pelayaran terpaksa tetap ditunda," ujar Uripno.

Ditanya mengenai koordinasi dan jarak pandang jalur pelayaran saat ini, Uripno mengaku tidak mengetahui, demikian juga total jumlah kapal, yang batal dan tidak diperbolehkan berangkat. 

"Untuk jarak pandang memang kami tidak tahu, karena terkait asap hanya kita perhatian dari pandangan visual saja, dan mengenai jumlah kapal yang tidak bisa berlayar, semua kapal dari jam 10 tadi pagi tidak ada yang diperbolehkan berlayar," ujarnya singkat.

Editor: Dardani