Tanjungpinang Dragon Boat Race Berlangsung di Tengah Kepungan Asap
Oleh : Habibi
Jum'at | 23-10-2015 | 17:12 WIB
dbr-2015.jpg
Peserta Tanjungpinang Dragon Boat Race saat berlomba di Sunga Carang. (Foto: Habibi)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ajang Dragon Boat Race 2015 di Sungai Carang, Tanjungpinang tetap berlangsung meski di tengah kepungan kabut asap yang menyelimuti ibukota Provinsi Kepri itu, Jumat (23/10/2015)

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Juramadi Esram mengatakan, kabut asap menyelimuti kota Gurindam itu tidak terlalu menganggu para pendayung perahu naga, karena berada di atas permukaan laut.

"Sampai saat ini, kita belum terlalu berpengaruh terhadap kabut asap ini. Sebab, posisi kita kan masih di bawah, kalau di atas mungkin sangat berpengaruh," ujarnya.

Dikatakan Juramadi, pihaknya juga belum menerima keluhan dari peserta lomba. Namun, ia bersama panitia lainnya akan terus memantau jalannya kegiatan perlombaan yang dihadiri oleh sejumlah peserta dari negara tetangga tersebut.

"Saat ini, peserta yang dari negera tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam belum melaporkan ke panitia terkait kabut asap ini," tuturnya.

Mengenai Tanjungpinang International Dragon Boat Race 2015 sendiri, Juramadi mengharapkan dapat memberikan efek positif terhadap perkembangan pariwisata di Kota Tanjungpinang. Sebab, iven tahunan tersebut akan terus digelar dan sudah menjadi iven tahunan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang.

"Iven ini juga sangat diapresiasi oleh Kementerian Pariwisata serta Kementerian Pemuda dan Olahraga. Sebab, selain meningkatkan jumlah pengunjung dari mancanegara, pembinaan atlet olahraga juga terus laksanakan," ujarnya.

Pada iven tersebut, kata Juramadi, Pemerintah Kota Tanjungpinang juga menggelar lomba kayak singel yang diikuti sekitar 30 peserta. Sementara itu untuk DBR ada sebanyak 35 tim yang mendaftarkan diri sebagai peserta, baik itu dari lokal maupun mancanegara.

"Hadiah yang kita sediakan itu Rp 120 juta, Rp 100 juta total hadiah untuk DBR dan Rp 20 juta total hadiah untuk lomba kayak single. Untuk pembagiannya saya lupa," ujar Juramadi.

Editor: Dodo