Alhamdulillah, Ini Berita Gembira Bagi Para Guru Honorer di Tanjungpinang
Oleh : Habibi
Jum'at | 23-10-2015 | 16:59 WIB
guru_honorer.jpg
Seorang guru tengah mangajar muridnya. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Hz. Dadang A G mengatakan, pihaknya akan melakukan penyesuaian gaji untuk guru-guru honorer yang ada di Tanjungpinang. Dia mengatakan, gaji itu akan diusahakan sama dengan UMK tahun 2016 atau kurangnya hanya sedikit dari UMK.

"Yang jelas mendekatilah, kita harapkan bisa sesuai UMK, tapi semuakan butuh dana dan butuh perhitungan, jadi belum bisa kita pastikan juga," ujar Dadang saat dihubungi, Jumat (23/10/2015).

Dadang mengatakan, keinginan untuk menaikkan gaji para guru honorer tersebut juga berpegang pada anggaran Pemerintah Kota Tanjungpinang. 

Namun, pihaknya akan tetap melakukan pembahasan dan pengkajian secara terus menerus, diharapkan dapat dikabulkan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang yang dalam hal ini adalah Anggota DPRD dan Wali Kota.

"Penyetaraan ini juga tidak langsung, tapi akan dilakukan secara bertahap. Angka yang kami akan usulkan ya yang sesuai dengan kemampuan anggaran daerah, tidak mengada-ada," ujarnya.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Kepulauan Riau tersebut mengatakan, usulan penyetaraan gaji guru honor tersebut akan diusulkan pada anggaran tahun 2016 mendatang. 

Dadang mengatakan, belum dapat berjanji sepenuhnya dengan rencana tersebut, namun, pihaknya akan mengusulkan dan membantu guru honorer mendapatkan hak mereka sebagai pekerja.

"Kita usahakan, karena memang gaji guru honorer saat ini paling rendah itu ada yang Rp 1 juta, ada juga Rp 1,6 juta, kita akan usahakan menjadi setara dengan UMK atau dibawahnya sedikit, yang penting layak," ujar Dadang.

Editor: Dardani