Aunur Rafiq Dilantik Jadi Bupati Karimun
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 06-10-2015 | 13:26 WIB
aunur-rafiq.jpg
Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Penjabat Bupati Kepri Agung Mulyana secara resmi melantik M. Aunur Rafiq menjadi Bupati Karimun di Gedung Daerah Tanjungpinang, Selasa (6/10/2015). Pelantikan mantan Wakil Bupati Karimun ini dilaksanakan atas nama Mendagri untuk melanjutkan sisa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Karimun 2011-2016.

Penjabat Gubernur Kepri, Agung Mulyana mengatakan, pelantikan Aunur menjadi Bupati Karimun berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 131.21-5402 tahun 2015, tertanggal 28 September 2015. 

Pelantikan Bupati Karimun ini sesuai dengan UU karena bupati sebelumnya, Nurdin Basirun telah diberhentikan dengan hormat dari jabatan bupati sesuai dengan keputusan Mendagri Nomor 313.21.5044 tahun 2015. Nurdin mendaftarkan diri sebagai calon wakil gubernur dalam Pilkada Kepri tahun ini. 

Selain dihadiri sejumlah SKPD Kepri dan Kabupaten Karimun, Nurdin serta sejumlah pejabat lain dari instansi vertikal, tokoh masyarakat Karimun, sejumlah tamu undangan turut hadir. 

Menanggapi posisinya yang juga calon kepala daerah, Aunur mengatakan, dirinya akan memposisikan diri sebagaimana aturan dalam UU. Selain itu, saat cuti dan melakukan kampanye, Aunur menyatakan tidak akan menggunakan fasilitas Negara. 

Sedangkan mengenai penggunaan APBD dengan posisinya sebagai bupati dan calon, secara tegas Aunur mengatakan, akan menghindari penggunaan dana tersebut untuk kepentingannya dalam Pilkada. 

"Selain itu, APBD sebelumnya sudah dialokasikan untuk sejumlah kegiatan yang sudah ditentukan dan dianggarkan di APBD, demikian juga dana pelaksanaan Pilkada, sebagai kepala daerah, dan sesuai UU tentu tidak diperkenankan menggunakan APBD untuk kepentingan politik," kata dia.

Ditanya mengenai ‎komitmennya, dalam 6 bulan menghabiskan masa jabatan Bupati, Aunur mengatakan, akan melanjutkan dan menyelesaikan pekerjaan yang sebelumnya sudah diprogramkan dan akan dilaksanakan pada APBD. 

Selain itu, penyusunan anggaran APBD 2016 yang akan datang, sesuai hasil Rakorbang dan Musrenbang, serta Program Prioritas Pembangunan Khusunya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Karimun.

"Selain itu, sesuai dengan arahan dan perintah Penjabat Gubernur Kepri, kami akan menyelesiakan sejumlah kegiatan dan program yang sudah ditetapkan," pungkasnya.

Editor: Dodo