Kabut Asap Makin Parah, Sekolah di Tanjungpinang Dikosongkan
Oleh : Habibi
Selasa | 29-09-2015 | 10:25 WIB
sdn-bestari.jpg
SDN 003 Bukit Bestari, kosong karena siswa dipulangkan atas instruksi Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang menyikapi pekatnya kabut asap.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang menginstruksikan gar sekolah-sekolah dikosongkan dan siswa dipulangkan ke rumah masing-masing menyusul kondisi udara yang dipenuhi asap sudah tidak kondusif untuk anak-anak.

"Kita sudah koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Badan Lingkungan Hidup (BLH), dan mereka mengatakan udara tidak baik, makanya kita pulangkan anak-anak untuk dipantau orangtuanya," ujar Dadang HZ, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang saat dihubungi Selasa (29/9/2015).

Dadang mengatakan, untuk instruksi libur tersebut telah diketahui dan disetujui oleh Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah. Kendati demikian, untuk hari ini siswa yang libur hanya untuk jenjang TK, SD dan SMP.

"Untuk SMA/SMK kita tahan dulu sampai siang, kalau memang (kabut asap-red.) tidak membaik juga kita akan pulangkan mereka," ujar Dadang.

Libur ini sendiri belum ada instruksi sampai beberapa hari. Kemungkinan akan dilakukan pada hari ini saja, dan pihak sekolah diminta untuk mencari masker untuk keperluan siswa dan guru saat belajar.

Selain itu Dadang juga mengimbau, bahwa pemulangan siswa tersebut bukan berarti diliburkan, melainkan mencegah anak-anak terkena penyakit karena menghirup asap.

"Jadi wali murid tolong pantau anaknya, jangan keluar rumah, asap ini bahaya untuk anak-anak. Kalau diizinkan keluar bagus tidak usah dipulangkan. Kita harapkan wali murid dapat menjaga anaknya, karena kami telah mengambil keputusan yang berat, mengingat kesehatan sang anak," ujar Dadang.

Sementara itu, pantauan BATAMTODAY.COM memang semua sekolah telah kosong sejak pukul 9.00 WIB.

Editor: Dodo