Dandim Bintan Gelorakan Semangat Bela Negara di Kampus UMRAH
Oleh : Habibi
Senin | 28-09-2015 | 19:12 WIB
2015-09-28 19.21.59.jpg
Ilustrasi kegiatan bela negara. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komando Distrik Militer (Kodim) 0315 Bintan menggelar penyuluhan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara kepada mahasiwa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang. Penyuluhan tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0315 Bintan, Letkol Inf Charles Sagala.

Penyuluhan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara merupakan instruksi dari Panglima TNI. Kegiatan ini guna memberikan pemahaman kepada seluruh mahasiswa di UMRAH agar menjadi generasi penerus yang berguna," kata Charles saat ditemui di UMRAH, Senggarang, Senin (28/9/2015).

Charles mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dari TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kota Tanjungpinang. Wawasan kebangsaan merupakan cara memandang dan kemampuan untuk memahami keberadaan jati diri sebagai bangsa Indonesia. 

Charles mengatakan, dengan memahami tentang wawasan kebangsaan akan menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan yang berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara. 

"Wawasan kebangsaan merupakan hal yang sangat mendasar bagi bangsa Indonesia agar generasi muda kita tidak terpengaruh dengan masuknya narkoba, sek bebas dan hal lainnya yang bisa merusak jati bangsa," tuturnya.

Dikatakan Charles, wawasan kebangsaan Indonesia menolak segala diskriminasi suku, ras, asal-usul, keturunan, warna kulit, kedaerahan, golongan, agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kedudukan maupun status sosial. "Konsep kebangsaan kita bertujuan membangun dan mengembangkan persatuan dan kesatuan," ujarnya.

Dia mengatakan, Kepri merupakan daerah yang rentan akan terjadi hal-hal yang membahayakan generasi muda. Apa yang terjadi didaerah lain di Indonesia belum tentu terjadi di Kepri, begitu juga sebaliknya. Sehingga, wawasan kebangsaan dan bela negara harus ditanam sejak usia dini."Wawasan kebangsaan Indonesia menjadikan bangsa yang tidak dapat mengisolasi diri dari bangsa lain," katanya.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan disetiap kampus, bahkan dimungkinkan akan digelar di setiap sekolah-sekolah. "Kedepan kita akan berikan penyuluhan ini keseluruh generasi muda di Kota Tanjungpinang dan Bintan," tuturnya

Editor: Dardani