Idul Adha 2015, Rutan Tanjungpinang Sembelih 3 Ekor Sapi dan 1 Kambing
Oleh : Habibi
Kamis | 24-09-2015 | 11:57 WIB
kurban-rutan-tpi.jpg
Seekor lembu disembelih dalam perayaan Idul Adha di Rutan Tanjungpinang.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Warga Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1A Kota Tanjungpinang turut merayakan kemeriahan hari raya Idul Adha yang diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijah, Kamis (24/9/2015).

Usai shalat Ied berjamaah di lapangan Rutan, para warga binaan beserta petugas dan Kepala Rutan, Kunrat Khasmiri turut berkurban dengan menyembelih sebanyak tiga ekor lembu dan satu ekor kambing.

Saat diwawancarai, Kunrat mengatakan, kurban tersebut dilakukan atas inisiatif dari petugas Rutan dan dirinya, serta sumbangsih berbagai pihak. "Ada juga warga binaan yang rezekinya masih lebih turut menyumbang. Saya bersama petugas patungan, bantuan dari Pemprov Kepri serta kambing itu dari alumni Rutan sini juga," ujar Kunrat saat ditemui di kantornya.

Kunrat yang sebentar lagi akan pindah tugas ke Cirebon, Jawa Barat ini mengaku sangat tidak menyangka sekali jumlah kurban di Rutan meningkat. Padahal pada 2014 lalu hanya 1 sapi dan empat ekor kambing, namun pada tahun ini Warga Binaan mendapatkan lembu atau sapi kurban yang gemuk-gemuk dan besar tentunya.

"Ya syukur Alhamdulillah, ini sebuah bentuk kemanusiaan, di saat saya juga mau pindah, bersyukur sekali mendapatkan bantuan sebanyak ini dari berbagai rekan kerja dan warga binaan. Semoga berkah kurban kita pada hari ini," ujar Kunrat.

Setelah berkurban, Kunrat dan petugas Rutan nantinya akan mengadakan kegiatan makan malam bersama warga binaan. "Malam kita nyantailah, nyate-nyate sama warga binaan sini, juga ada beberapa undangan. Dagingnya juga akan kita bagikan kepada tetangga-tetangga rutan nantinya," terang Kunrat.

Untuk diketahui saat ini penghuni Rutan ada sebanyak, 267 orang. Beberapa hari kedepan, tentunya warga binaan mengaku senang karena akan mendapatkan asupan daging yang mereka sembelih hari ini.

Editor: Dodo