Harga Elpiji 12 Kg Turun, Konsumen di Tanjungpinang Banyak yang Tak Tahu
Oleh : Habibi
Rabu | 16-09-2015 | 18:10 WIB
ilustrasi_Elpiji-12Kg.jpg
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Harga elpiji tabung 12 kg mulai hari ini turun rata-rata Rp6.700 per tabung. Sayangnya, belum semua konsumen Tanjungpinang mengetahui informasi ini.

"Saya malah baru tahu dari mas. Wah kalau begitu baguslah," ujar Reni, ibu rumah tangga di kawasan Kelurahan Tanjungunggat, Rabu (16/9/2015).

Ibu-ibu rumah tangga yang lainnya pun mengaku tidak tahu tentang penurunan harga elpiji ukuran 12 kg tersebut. Termasuk juga pengusaha rumah makan yang saat ditemui mengaku tidak tahu. Namun ada juga yang mengaku sudah tahu karena membaca berita.

"Tau, sih, cuma kita belum ada beli, karena masih banyak. Bersyukur juga harga turun, karena teman-teman banyak beralih gunakan gas 3 kg kemarin saat naik. Mungkin sekarang mereka akan beralih lagi karena agak hemat," ujar Rahmat, pemilik rumah makan di kawasan Bintan Centre saat ditemui Rabu sore.

Memang, pada saat gas mengalami kenaikan, banyak konsumen beralih dari elpiji ukuran 12 kg menjadi elpiji ukuran 3 Kg yang harusnya dipergunakan bagi masyarakat tidak mampu. Itu diakui oleh Rahmat, bahwa banyak rekan-rekan pedagang yang berdagang di ruko menggunakan elpiji ukuran 3 kg karena harga ukuran 12 kg terlalu tinggi bagi mereka.

"Memang begitu, adalah beberapa kawan yang beralih. Kalau yang lain saya nggak tahu," ujar Rahmat.

Harga elpiji tabung 12 kg jika memang mengikuti instruksi Pertamina di Tanjungpinang menempati harga Rp.140 ribu per tabung. Hal itu dikatakan oleh agen gas di Jalan Pancur, Tanjungpinang, harga elpiji 12 kg turun dari Rp158 ribu menjadi Rp140 ribu.

Sebagaimana diketahui, PT Pertamina melakukan penyesuaian harga elpiji 12 kg menjadi Rp135.300 per tabung rata-rata nasional atau turun rata-rata Rp6.700 per tabung dari harga sebelumnya sebesar Rp142.000 per tabung.
 
Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengatakan besaran penurunan dilakukan berdasarkan data historis harga CP Aramco dan juga kurs dolar AS terhadap rupiah, serta estimasi pergerakan keduanya. Penurunan harga, tuturnya, dilakukan terhitung mulai 16 September 2015.
 
Penurunan harga ini bervariasi antara Rp6.400 per tabung sampai dengan Rp17.900 per tabung. Demikian juga harga di tingkat agen di berbagai daerah juga bervariasi antara Rp132.800 per tabung hingga Rp157.400 per tabung, bergantung pada jarak SPPBE (Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji)  terhadap supply point-nya. (*)
 
Editor: Roelan