BMKG dan BPBD Tanjungpinang Peringatkan Warga Bahaya Kebakaran
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 28-08-2015 | 12:45 WIB
cuaca_panas.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang menyatakan, kemarau panjang dengan cuaca panas/gerah yang mencapai 24-32 derajat Celsius di Kota Tanjungpinang dan Bintan masih akan terus berlanjut. 

Selain suhu panas yang cenderung meningkat, kecepatan angin tenggara dengan kecepatan 25-34 kilometer per jam, juga mempengaruhi. BMKG‎ mengingatkan, agar warga mewaspadai terjadinya kebakaran lahan dan rumah di Kota Tanjungpinang. 

"Suhu udara yang mencapai 24 derajat Celsius pada malam dan 32 derajat Celsius pada siang hari cenderung membuat gerah, termasuk waktu malam," kata Ardito, prakirawan cuaca BMKG Tanjungpinang, Jumat (28/8/2015). 

Kewaspadaan masyarakat terhadap penggunaan api, juga dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanjungpinang Agusetiawarman. Ia mengatakan, cuaca panas mulai berpotensi mengakibatkan terjadinya kebakaran lahan. Dalam sepekan terakhir, setidaknya telah terjadi empat kali kebakaran lahan di Tanjungpinang.

Agus juga mengimbau, agar warga waspada atas bahaya kebakaran, dan tidak melakukan pembakaran lahan, karena dengan kondisi kemarau yang dibarengi dengan cuaca panas saat ini, potensiterjadinya kebakaran yang sangat tinggi.

"Kita juga mengimbau pada masyarakat, agar berhati-hati terhadap api, serta tidak melakukan pembakaran lahan, karena akan dapat meluas dan membahayakan," ujarnya. 

Editor: Dodo