Wali Kota Tanjungpinang Buka Sosialisasi Tim Pembina UKS
Oleh : Habibi/Rilis
Senin | 24-08-2015 | 18:28 WIB
lis-dokter-cilik.jpg
Wali Kota Tanjungpinang berdiskusi dengan para dokter cilik saat Sosialisasi Tim Pembina UKS.

BATAMTODAY.COM - Sebanyak 190 orang Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Kota Tanjungpinang, mengikuti sosialisasi Tim Pembina UKS (TP-UKS), yang ditaja oleh Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang di Aula Bulang Linggi, Badan Arsip Perpustakaan, Arsip dan Museum Kota Tanjungpinang, Senin (24/8/2015) dan resmi dibuka oleh Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah.

Lis saat memberi sambutan pada acara itu, mengatakan, UKS merupakan salah satu rantai penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan yang ditujukan untuk peserta didik, sehingga mereka bisa memupuk pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

"Keberadaan UKS di sekolah itu sangat penting, oleh sebab itu, jangan jadikan UKS sebagai salah satu pelengkap saja di sekolah, tetapi fungsi dari UKS di sekolah itu, perlu dioptimalkan, karena dampak dari adanya UKS itu memberikan manfaat yang baik bagi peserta didik kita dalam menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari," kata Lis.

Agar program ini berjalan, Lis minta kepada Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan melakukan MoU. "Jadi program ini bisa berjalan dengan baik, adanya MoU itu, nantinya, akan ada komitmen utama yang dapat mengikat kerjasama diantara sekolah dan dinas terkait," kata Lis.

Selain itu juga, tim pembina UKS, seperti Camat dan Lurah, perlu sewaktu-waktu turun ke sekolah-sekolah, lakukan hubungan koordinasi dengan sekolah sesuai  wilayah kerja masing-masing, "InsyaAllah dengan koordinasi yang baik, kita bisa membuat program-program bermanfaat yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," tutur Lis.

"Mudah-mudahan, melalui sosialisasi ini, mampu menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat, sehingga terwujudnya siswa-siswi yang beriman dan berakhlak mulia," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam, menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakan sosialisasi ini, adalah untuk memberikan pemahaman kepada tim pembina UKS terhadap program UKS ini.

Selain itu juga terjalinnya koordinasi yang baik dalam pelaksanaan program UKS, yang nantinya akan terlaksanan trias UKS di seluruh SD/MI, SLTP/MTS, dan SLTA/MA se- Kota Tanjungpinang.

Rustam menjelaskan, program ini, telah dilakukan oleh dinas kesehatan bekerjasama dengan dinas pendidikan, antara lain, adanya pelatihan guru UKS dari sekolah tingkat dasar hingga atas, pelatihan kader kesehatan remaja bagi peserta didik SMP/SMK/MA, pemeriksaan berkala pada murid kelas 2 dan 3 SD, kegiatan stimulan cuci tangan pakai sabun, serta beberapa kegiatan kesehatan lainnya.

Peserta yang berasal dari SKPD terkait, Camat, Lurah, Kepala Puskesmas, Kepala Sekolah dan Dinkes tersebut, akan mengikuti sosialisasi ini selama satu hari, dengan narasumber berasal dari TP-UKS Jawa Timur, Agus Rianto.

Editor: Dodo