CPNS Tanjungpinang Terima SK PNS Paling Cepat Tahun Depan
Oleh : Habibi
Rabu | 19-08-2015 | 18:28 WIB
pns_ilustrasi.jpg
Ilustrasi PNS.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang tampaknya sudah tidak sabar menunggu Surat Keputusan status mereka menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kendati demikian, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tanjungpinang, Raja
Khairani mengatakan, paling cepat SK tersebut akan diterbitkan pada tahun 2016. "Memang minimal setahun berstatus CPNS baru menjadi PNS, jadi sabar saja," ujar Khairani saat dihubungi, Rabu (19/8/2015).

Khairani mengatakan, untuk mengubah status jadi PNS, para CPNS harus melalui tahapan terakhir, yaitu latihan prajabatan (LPJ). LPJ sendiri memang diembankan kepada pemerintah daerah, sehingga kegiatan tersebut harus dianggarkan dulu di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Kita mengharapkan bisa dianggarkan di APBD P, minimal separuhlah, baru tahun 2016 nanti dianggarkan di APBD murni dan kita lanjutkan yang separuhnya lagi. Tapi kalau memang tidak bisa di APBD P, ya terpaksa tahun depan," kata Khairani.

Khairani berpesan kepada CPNS jangan takuti tentang perubahan status tersebut, karena pemerintah tidak akan tinggal diam dan akan terus mengupayakan agar segera LPJ dapat dilaksanakan.

"Tapi mohon pengertian juga, kita sedang defisit, namun untuk LPJ ini sudah kita masukkan dalam rencana anggaran APBDP dan APBD 2016, tunggu sajalah," kata dia.

Sementara itu, desas-desus yang memang sangat santer percepatan SK CPNS ini adalah, bisnis gadai SK yang sangat ditunggu-tunggu para CPNS. Hal inilah yang diduga mendorong para CPNS mempertanyakan terus kapan SK PNS akan diterbitkan.

Editor: Dodo