Sukseskan Pilkada, Plt Gubernur Kepri Tingkatkan Sinergi Forkopimda
Oleh : Redaksi
Rabu | 02-10-2024 | 18:24 WIB
Marlin-Forkopimda1.jpg
Plt. Gubernur Kepulauan Riau, Hj. Marlin Agustina menyambangi Kantor Lanud Raja Haji Fisabilillah (RHF). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Plt. Gubernur Kepulauan Riau, Hj. Marlin Agustina, melakukan kunjungan silaturahmi ke sejumlah instansi penting di Tanjungpinang, Senin (30/9/2024).

Marlin menyambangi Kantor Lanud Raja Haji Fisabilillah (RHF), Pengadilan Tinggi Provinsi Kepri, dan Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepri sebagai upaya memperkuat sinergi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang aman dan damai.

Dalam kunjungan tersebut, Plt. Gubernur Marlin didampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kepri Darson, serta Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Kepri, Zulhendri.

Tujuan pertama dari silaturahmi ini adalah Lanud RHF, di mana Marlin disambut langsung oleh Danlanud RHF Kolonel Pnb Andi Nur Abadi beserta Ketua PIA Ardhya Garini Cab.13/D.I Lanud RHF, Ibu Rehan Andi Nur Abadi.

Setelah pertemuan dengan Danlanud, rombongan melanjutkan kunjungan ke Pengadilan Tinggi Provinsi Kepri. Di sana, Plt. Gubernur diterima oleh Ketua Pengadilan Tinggi, Erwin Mangatas Malau, beserta jajaran. Silaturahmi ini kemudian berlanjut ke Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepri, di mana Plt. Gubernur Marlin berdialog dengan Kepala Kejaksaan Tinggi, Teguh Subroto, serta meninjau Command Center.

"Silaturahmi ini penting untuk memperkuat sinergi antara pemerintah provinsi dan Forkopimda, terutama menjelang Pilkada yang akan datang. Kami berharap dengan adanya kebersamaan ini, kita bisa menyatukan visi dan misi demi Pilkada yang sukses, aman, dan damai," ujar Marlin Agustina.

Pilkada yang damai, menurut Marlin, adalah hasil dari kerja sama yang solid antara semua pihak, mulai dari pemerintah daerah, aparat penegak hukum, hingga masyarakat luas. Ia menekankan bahwa kolaborasi ini akan menciptakan stabilitas dan keamanan yang sangat penting dalam pelaksanaan pesta demokrasi di Kepri.

Sebelumnya, pada Jumat (27/9/2024), Plt. Gubernur Marlin juga telah melakukan kunjungan silaturahmi dengan Kapolda Kepri dan Danrem 033/WP di Batam. Langkah ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan untuk memastikan seluruh unsur Forkopimda memiliki satu persepsi dan komitmen bersama dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat selama proses Pilkada berlangsung.

Plt. Gubernur Marlin Agustina juga menekankan pentingnya sinergi dalam aspek penegakan hukum, stabilitas keamanan, dan kesejahteraan sosial di Kepulauan Riau. Ia menyatakan bahwa Pemprov Kepri terus berupaya membangun komunikasi yang intensif dengan Forkopimda untuk menghadapi berbagai tantangan, termasuk menjaga ketertiban masyarakat dan merespons berbagai isu strategis seperti ekonomi daerah dan perbatasan.

"Sinergi ini tidak hanya untuk Pilkada, tetapi juga untuk menjaga kondusivitas wilayah secara keseluruhan. Kami terus berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk memastikan situasi tetap terkendali, baik dari segi hukum maupun ekonomi. Ini sangat penting mengingat posisi Kepri yang strategis sebagai wilayah perbatasan," lanjut Marlin.

Editor: Yudha