Satbinmas Polresta Tanjungpinang Gelar Penyuluhan Kamtibmas di SMAN 7
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 14-05-2024 | 15:04 WIB
Suluh-Kamtibmas.jpg
Personel Satbinmas Polresta Tanjungpinang saat penyuluhan Kamtibmas di SMAN 7 Tanjungpinang, Selasa (14/5/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Satbinmas Polresta Tanjungpinang menggelar penyuluhan Kamtibmas tentang bahaya narkoba dan kenakalan remaja di SMA Negeri 7 Tanjungpinang, Selasa (14/05/2024).

Penyuluhan ini dimaksudkan untuk saling sharing dan memberi pemahaman kepada siswa-siswi tentang kenakalan remaja dan bahaya narkoba.

Ps Kanit Bhabinkamtibmas Satbinmas Polresta Tanjungpinang, Iptu Helman, menjelaskan kepada para siswa-siswi terkait pergaulan bebas dapat merugikan diri sendiri, berdampak negatif bagi pelaku penyalahgunaan obat terlarang maupun dalam hal kenakalan remaja.

Penyuluhan ini merupakan tindakan preventif guna meminimalisir kenakalan remaja dan tindakan kriminal yang dilakukan oleh para remaja di Tanjungpinang.

"Selain itu, saya mengimbau dan mengajak para guru agar para siswa-siswi dapat terhindar dari bahaya narkoba, seks bebas maupun tindakan kriminalitas lainnya dengan cara melakukan perbuatan aktivitas yang positif, seperti mengisi waktu luang dengan hobby positif, belajar, mengasah bakat dan sebagainya," jelasnya.

Penyuluhan tersebut, mendapat respon yang aktif dari para siswa-siswi dengan melakukan sesi tanya jawab seputar kenakalan remaja dan bahaya narkoba. "Yang mana penyalahgunaan narkoba diawali dengan tahap coba-coba, dibujuk rayu oleh teman sepergaulan dengan dikatakan tidak gaul atau kampungan, sehingga dirinya menjadi terjerumus ke dalam barang haram tersebut hingga akhirnya ketergantungan. Oleh sebab itu, konsekuensi hukumnya, bagaimana cara pencegahannya dan cara penanganannya melalui rehabilitasi," bebernya.

"Perbuatan tindakan yang melawan hukum, tentu memiliki sanksi-sanksi hukum di negara kita, oleh karena itu marilah kita menyayangi diri kita sendiri dengan menjauhi perbuatan kriminalitas dengan trend 'ikut-ikut teman' serta kejarlah cita-cita maupun mengasah bakat-bakat yang anda miliki seyogianya seorang pelajar," pungkas Iptu Helman.

Turut mendampingi Ps Kanit Bhabinkamtibmas, yakni Ps Kasubnit Binkamsa, Aiptu Arif; Ps Kasubnit Bhabinkamtibmas, Aipda Robert dan Bripka Rio.

Editor: Gokli