Gubernur Kepri Buka MTQH XVIII Tingkat Kota Tanjungpinang
Oleh : Devi Handiani
Sabtu | 02-03-2024 | 12:44 WIB
MTQH-TPI-2024.jpg
Pembukaan MTQH XVIII Tingkat Kota Tanjungpinang di Halaman Terminal Sungai Carang, Bintan Center, Jumat (1/3/2024) malam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Musabaqoh Tilawatil Qur'an dan Hadits (MTQH) XVIII Tingkat Kota Tanjungpinang telah dibuka di Halaman Terminal Sungai Carang, Bintan Center, Jumat (1/3/2024) malam.

Pada malam pembukaan MTQH ini masyarakat berbondong-bondong menyaksikan malam pertama MTQH XVIII Tingkat Kota Tanjungpinang.

Pelaksanaan MTQH XVIII tersebut berlangsung selama delapan hari dimulai malam ini hingga tanggal 8 Maret 2024. Tema yang di usung pada MTQH XVIII ini 'Melalui MTQH XVIII Tingkat Kota Tanjungpinang Kita Lestarikan Budaya Islam Dalam Membangun Generasi Qurani Yang Unggul Dan Cerdas Menuju Sumber Daya Manusia Yang Agamis Berbudaya Serta Berdaya Saing'.

Di awali dengan defile kafilah MTQH XVIII dari empat kecamatan se-Kota Tanjungpinang diikuti para Camat, Ketua TP PKK dan beserta jajaran Officialnya.

Adapun lomba yang ditampilkan golongan Tartil Putra Putri, Tilawatil Quran Dewasa Putra Putri, Sahril Quran Putra Putri, Kaligrafi Quran, lomba hafalan Hadits, Qasidah rebana dan Hadrah dengan jumlah 200 orang peserta.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, menyampaikan dalam MTQH ini akan menampilkan Qari Qariah, Hafidz dan Hafidzah terbaik dari setiap kecamatan.

Generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat berlomba meraih prestasi berkontribusi dalam membangun generasi Qurani yang unggul dan cerdas menuju sumber daya manusia yang agamis berbudaya serta berdaya saing.

"Saya atas nama Pemerintah Kota Tanjungpinang mengucapkan selamat dan terimakasih kepada seluruh panitia serta semua pihak yang terlibat dalam mendukung terlaksananya MTQH XVIII Kota Tanjungpinang," ujarnya.

Sementara Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, dalam sambutannya mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini adalah rangkaian dari pelaksanaan MTQH dimulai tingkat kelurahan dan kecamatan.

Ansar menjelaskan hasil MTQH XVIII Tingkat Kota Tanjungpinang nantinya akan diperlombakan pada MTQH Provinsi Kepri pada bulan Mei 2024 mendatang dilanjutkan tingkat Nasional pada bukan September di Samarinda Kalimantan Timur.

"MTQH XVIII ini harapan kita bisa menghasilkan para qori Dan qoriah yang berkualitas yang nanti akan menjadi duta Kota Tanjungpinang untuk mengikuti di jenjang yang lebih tinggi," kata Ansar.

Editor: Gokli