Gubernur Ansar Bersama FKPD Provinsi dan Kota Tanjungpinang Gotong Royong Bersih-bersih Pulau Penyengat
Oleh : Devi Handani
Minggu | 14-01-2024 | 16:36 WIB
bersih_pulau_penyehat.jpg
Gotong-royong bersama di Pulau Penyengat, Minggu (14/1/2024) (Foto: Devi Handani)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad bersama FKPD Provinsi dan Kota Tanjungpinang melakukan gotong royong bersama di Pulau Penyengat, Minggu (14/1/2024).

Tampak seluruh unsur Forkopimda baik TNI Polri serta OPD Pemerintah Provinsi Kepri dengan Pemko Tanjungpinang bersatu membersihkan Pulau bersejarah tersebut.

Pj Walikota Tanjungpinang Hasan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Kepri dalam memberikan dukungan penuh kepada Pemko Tanjungpinang untuk melaksanakan gotong royong bersama.

"Tentu ucapan apresiasi dan terimakasih khususnya jajaran TNI Polri yang memberikan dukungan penuh kepada pemerintah provinsi yang melaksanakan gotong royong di 11 titik di kawasan pesisir di wilayah Kota Tanjungpinang," jelas Hasan.

Hasan menyampaikan bahwa terkait dengan kebersihan tentu tidak mudah membalikkan telapak tangan dalam mengubah mindset masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.

Namun Pemerintah hadir ditengah masyarakat memberikan edukasi kebersihan agar Kota Tanjungpinang sebagai ibukota Provinsi Kepri bisa lebih bersih.

"Mudah-mudahan harapan kita untuk pelaksanaan gotong royong ini yang memang kita laksanakan hampir 3 bulan lebih di setiap Sabtu dan Minggunya dapat berjalan dengan baik," terang Hasan.

Sementara itu Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan pihaknya akan terus melakukan penataan di Pulau Penyengat mulai dari penataan kawasan Balai Adat, jalan lingkar dari Balai adat dan mempersiapkan monumen bahasa Indonesia.

"Kita mendeklar bahasa Indonesia bahasa persatuan 28 Oktober 1928 ternyata salah satu sumber pentingnya sebagai referensi adalah buku tata bahasa Melayu hasil karya almarhum Raja Ali Haji pahlawan nasional kita," ungkap Ansar.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan dalam waktu dekat ini Presiden Jokowi berkunjung ke Tanjungpinang untuk meresmikan beberapa proyek ABPN di Kepri termasuk Pulau Penyengat.

"Semoga tanggal 24 bapak presiden jadi hadir untuk meresmikan beberapa proyek-proyek APBN yang ada di Kepri ini di penyengat ini wabil khusus termasuk ground breaking pembangunan monumen bahasa," terangnya.

Dimana monumen bahasa nantinya memiliki ketinggian 60 meter, didalamnya terdapat lift untuk mencapai puncak Monumen bahasa sehingga dapat melihat keindahan Tanjungpinang pada malam hari.

Selain itu, Ansar juga menyampaikan Pemko Tanjungpinang telah menganggarkan beberapa item di Pulau Penyengat pada tahun 2024 salah satunya perumahan di Pulau Penyengat dilakukan pengecatan ulang.

"2024 ini Pemerintah Kota juga telah menganggarkan beberapa item di Pulau Penyengat yaitu semua rumah-rumah di penyengat ini akan dicat kembali nanti supaya dari jauh itu kelihatan semua sama Indah," kata Ansar.

Pihak Pemprov Kepri juga menganggarkan mengganti becak motor (Bentor) di Pulau Penyengat yang masih menggunakan bensin digantikan dengan kendaraan listrik.

"Kita jadikan sebagai green village tourism, ini harus menjadi kawasan bebas polusi maka bentor itu 2024 ini sudah kita anggarkan kita ganti semua," pungkasnya.

Editor: Dardani