Prajurit TNI AU Tampilkan Flashmob di Gawai Rakyat Tanjungpinang 2024
Oleh : Devi Handiani
Sabtu | 13-01-2024 | 15:24 WIB
flashmob-AU-TPI.jpg
Prajurit Lanud RHF saat menampilkan flashmob di Gawai Rakyat Hadi Jadi ke-240 Tanjungpinang, Sabtu (13/1/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Suasana kegembiraan menyelimuti pelataran Tugu Sirih Tepi Laut, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), saat pembukaan Gawai Rakyat Hari Jadi ke-240 Tanjungpinang.

Acara yang berlangsung pada Sabtu (13/1/2023) ini dihiasi pertunjukkan flashmob yang mengesankan dari prajurit Lanud Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang. Para prajurit tampil memukau dengan pakaian dinas lengkap, songket, dan tanjak yang menyajikan tarian Melayu.

Tak hanya sekadar pertunjukkan, para prajurit dengan penuh semangat mengajak seluruh undangan untuk bergabung dalam suasana kebersamaan dengan menari bersama.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, memberikan penghargaan tinggi terhadap partisipasi aktif teman-teman Lanud RHF dalam meriahkan hari jadi ke-240 Tanjungpinang.

"Kolaborasi yang terjalin ini sungguh luar biasa. Para prajurit dengan sungguh-sungguh mempersembahkan tarian yang tidak hanya mempertahankan identitas Melayu, tetapi juga nuansa militer yang tegas namun lembut," ucap Sekda Zulhidayat.

Sekda juga menyebut adanya trend positif dalam sektor pariwisata, yang berhasil pulih setelah kontraksi akibat pandemi Covid-19.

Kunjungan wisata secara statistik mencapai angka 4 ribuan pada Maret, dan menjelang November-Desember mendekati 6 ribu kunjungan. "Artinya, trend menanjak positif. Ini berkat kolaborasi antara pemprov Kepri, pemko Tanjungpinang, dan masyarakat. Pembenahan objek-objek strategis di ibukota Kepri turut memberikan kontribusi besar," ucap Sekda.

Gawai Rakyat, yang ditujukan sebagai ungkapan terima kasih pemerintah kepada masyarakat Tanjungpinang, meskipun sudah diumumkan, mungkin tidak sebesar acara yang terdapat dalam kalender event. "Ke depan, gawai rakyat seperti ini mungkin akan kita kemas sebagai salah satu event andalan kota Tanjungpinang untuk dipasarkan ke luar," tambah Sekda Zulhidayat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Muhammad Nazri, mengatakan gawai rakyat sebagai inisiatif pemko Tanjungpinang, diharapkan dapat menjadi wahana untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan seni daerah kepada wisatawan, serta membangkitkan rasa kebanggaan masyarakat terhadap warisan budaya yang dimiliki.

"Pertunjukkan seni dan budaya masyarakat Tanjungpinang tidak hanya menjadi hiburan semata, tetapi juga merupakan upaya untuk memperkuat identitas dan melestarikan nilai-nilai budaya yang diwarisi dari generasi ke generasi," tutup Nazri.

Editor: Gokli