PJ Wali Kota Tanjungpinang Ziarah ke Makam Pahlawan di Pulau Penyengat
Oleh : Devi Handiani
Jum\'at | 05-01-2024 | 13:28 WIB
ziarah-makam.jpg
Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, bersama Forkopimda saat ziarah ke makam pahlawan nasional di Pulau Penyengat, Jumat (5/1/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, memimpin Ziarah Makam Pahlawan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Tanjungpinang ke-240, Jumat (5/1/2024).

Adapun lokasi ziarah makam mulai dari Makam Sulaiman Badrul Alamsyah, Makam Daeng Celak Daeng Marewa lalu berlanjut ke Pulau Penyengat di Makam Raja Haji Fisabilillah, Engku Putri Hamidah, dan Raja Ali Haji.

Ziarah makam pahlawan ini, Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan didampingi Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Hj Yuniarni Pustoko Weni; Kapolresta Tanjungpinang, Kombes Pol Heribertus Ompusunggu; Danlanud RHF Tanjungpinang, Kolonel Pnb Andi Nur Abadi dan seluruh jajaran FKPD Kota Tanjungpinang.

Dalam ziarah makam pahlawan tersebut disampaikan sejarah singkat para tokoh pahlawan nasional sekaligus pergantian kain penutup nisan, tabur bunga rampai dan dilanjutkan dengan sholat Jumat berjamaah di Masjid Sultan Riau Penyengat.

Hasan mengatakan, ziarah makam pahlawan ini setiap tahunnya dilakukan dalam memperingati Hari Jadi Tanjungpinang apalagi Tanjungpinang tahun ini sudah menginjak usia 240 tahun. "Ini adalah rangkaian yang sudah ditetapkan oleh orang-orang tua kita. Kita sebagai pemerintah mengharapkan keberkahan dari tokoh kita terdahulu. Karena bagaimanapun semuanya baik masyarakat, pemerintah saling bahu membahu dengan seluruh stakeholder," jelas Hasan.

Mengingat selain Hari Jadi Tanjungpinang, terdapat agenda nasional salah satunya Pemilu serentak 2024. Hasan menjelaskan dalam perkembangan ekonomi dengan menata Kota Tanjungpinang, maka di Hari Jadi Tanjungpinang menjadi poin penting dalam membenahi Kota Tanjungpinang kedepannya untuk lebih baik lagi.

Hasan berharap membangun Kota Tanjungpinang perlu dengan kebersamaan dari masyarakat, tokoh agama, adat dalam memberikan masukkan dan saran kepada Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Pihaknya juga tidak bisa berpangku tangan untuk melakukan hal hal dengan sendiri, tetapi selalu berkoordinasi dari Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat bahkan stakeholder lainnya. "Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh FKPD, Dandim, Kapolresta selama ini telah bahu membahu. Terlebih pada rangkaian peringatan hari jadi Tanjungpinang tahun ini," pungkasnya.

Editor: Gokli