Jelang Hari Jadi ke-240, Pelajar di Tanjungpinang Pakai Baju Kurung Melayu
Oleh : Devi Handiani
Rabu | 03-01-2024 | 18:32 WIB
siswa-baju-kurung2.jpg
Siswa di Tanjungpinang pakai baju kurung jelang Hari Jadi Kota Tanjungpinang ke-240 tahun. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Proses Belajar Mengajar (PBM) tahun 2024 telah mulai dilakukan pasca libur Nataru kemarin. Namun pada PBM kali ini sangat berbeda dimana seluruh pelajar menggunakan baju kurung dari tanggal 2 hingga tanggal 6 Januari 2024.

Penggunaan baju kurung tersebut tidak hanya satuan pendidikan melainkan seluruh ASN untuk memperingati HUT Kota Tanjungpinang ke 240 tahun yang jatuh pada tanggal 6 Januari 2024.

Kadisdik Tanjungpinang Hj Endang Susilawati mengatakan siswa dan guru pakai baju kurung dari tanggal 2 sampai tanggal 6 Januari 2024 dalam rangka hari Jadi Kota Tanjungpinang.

Selain itu Kadisdik juga menghimbau untuk kembali melaksanakan khususnya tenaga pendidik guru kelas 5 dan 6 dalam mempersiapkan peserta menghadapi ujian akhir nanti.

"Kan biasanya di bulan April itu ujian akhirnya. Sementara bulan sudah April idul fitri, jadi bisa mengatur dengan sebaik-baiknya termasuk target pembelajaran yang harus di capai di akhir semester genap ini sebelum pelaksanaan ujian akhir bagi peserta didik kelas 6 dan kelas 9 di akhir semester genap nanti," ujarnya via WhatsApp, Rabu (3/1/2024).

Endang Susilawati menambahkan untuk ujian akhir sendiri direncanakan pada bulan April mendatang akan tetapi diperkirakan tanggal 18 April sudah idul fitri 1445 H.

"Bisa jadi ujian akhir kita laksanakan sesudah Idul fitri. Biasanya bulan Ramadhan sampai idul fitri tidak begitu efektif pembelajarannya. Jadi bagaimana kita khususnya guru kelas 6 dan kelas 9 bisa mengatur waktu sebaik baiknya dalam hal pencapaian target yang harus dikejar untuk peserta didik kita," ungkap Endang.

Momen Hari Jadi Tanjungpinang ini, Endang mengharapkan agar dapat memiliki semangat kepahlawanan dibuktikan dengan kerja keras sesuai dengan tupoksi masing-masing.

"Seperti kami di bidang pendidikan, harus lebih maju dari tahun sebelumnya. Semangat kepahlawanan harus ada di hati kita," pungkasnya.

Editor: Yudha