Gubernur Kepri Resmikan Penataan Kawasan Kota Lama Jalan Merdeka
Oleh : Devi Handani
Minggu | 31-12-2023 | 08:32 WIB
anshar_pasar_lama.jpg
Gubernur Kepri Ansar Ahmad meresmikan Penataan Kawasan Kota Lama Jalan Merdeka-Teuku Umar Kota Tanjungpinang, Sabtu (30/12/2023) sore (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM , Tanjungpinang - Setelah meresmikan pembangunan Jalan menuju Klenteng Sun Te Kong Senggarang, Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad kembali meresmikan Penataan Kawasan Kota Lama Jalan Merdeka-Teuku Umar Kota Tanjungpinang, Sabtu (30/12/2023) sore.

Kawasan Kota lama kini menjadi Destinasi wisata heritage yang telah terlihat lebih rapi dan tertata. Sehingga banyak digunakan para pelaku UMKM mempromosikan produknya di seputaran Jln Merdeka-Teuku Umar.

Pj Walikota Tanjungpinang Hasan menyampaikan rasa terima setinggi-tingginya pada pemerintah Provinsi Kepulauan Riau khususnya Gubernur Kepri Ansar Ahmad sebagai inisiasi penataan kota lama

"Tentu hari ini wajah baru dari Kota Lama Kota Tanjungpinang ini sudah begitu berubah drastis dengan penataan-penataan yang cukup heritage sehingga punya warna tersendiri dari kota lama," ujarnya.

Hasan mengatakan Kota Tanjungpinang sebagai ibukota Provinsi Kepulauan Riau tentu penataan pembangunan yang dilakukan oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad sekali lagi masyarakat mengucapkan terimakasih

"Bahwasannya di kawasan kota lama ini kami sudah hampir 3 bulan ini setiap Sabtu malam Minggu dan Minggu sore sampai malamnya di sini kita manfaatkan bazar dari pokdarwis yang ada di Kota Tanjungpinang khususnya pokdarwis di Tanjungpinang Kota yang hampir jumlahnya seluruhnya 100 UMKM," lanjut Hasan.

Masih kata Hasan, pihaknya berkomitmen tetap menjaga kebersihan kawasan Kota Lama yang saat ini menjadi icon destinasi wisata heritage agar tetap terjaga kebersihannya sehingga banyak yang berkunjung di kawasan tersebut.

"Tentu tekad kami adalah bagaimana kawasan ini menjadi kawasan yang akan menjadi ikon tentu iconnya apa yaitu bagaimana kawasan ini bisa bersih sehingga orang berkunjung di sini akan terasa nyaman," ucapnya

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan pihaknya masih akan melanjutkan pengerjaan penataan kawasan Kota lama dengan menurunkan kabel listrik terutama sepanjang Jln Teuku Umar hingga ujung Jln Merdeka dan Gedung Daerah.

"Tahun 2025 kita menganggarkan lagi untuk beberapa ruas jalan. Nanti prioritas kita Jln Bintan Plantar 1 dan 2 karena memiliki nilai khusus yang bisa kita dorong. Tapi lorong dari Jln Merdeka ke Jln Bintan yang ada pokdarwisnya harus kita tata betul," jelas Ansar.

Intinya lanjut Ansar, semua item dikemas dengan bagus setelah itu mengundang orang datang ke Tanjungpinang sebagai kawasan wisata heritage dengan terdapat pilihan yang diberikan kepada mereka.

"Jadi orang datang kesini (Tanjungpinang_red) tidak sepi banyak pilihan ada tempat mereka nongkrong. Mudah-mudahan kita kemas dengan bertahap," ungkapnya.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menginginkan kehidupan di Tanjungpinang baik malam ataupun siang hari tampak lebih bagus lagi

"Jembatan Dompak 2024 kita kasih lampu gemerlapan, lampu di Pulau Penyengat sedang finishing. Jadi kita ingin kehidupan malam atau siang hari juga hidup dan bagus," pungkasnya.

Editor: Dardani