Pemko Tanjungpinang Beri Bantuan Gerobak kepada 79 Pedagang Kaki Lima
Oleh : Devi Handiani
Jumat | 29-12-2023 | 19:29 WIB
bantuan-gerobak-pk5.jpg
Pemko Tanjungpinang Beri Bantuan Gerobak kepada pedagang kaki lima Tepi Laut. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang berikan bantuan gerobak kepada 79 pedagang kaki lima Tepi Laut Kota Tanjungpinang, Jumat (29/12/2023) di Lapangan Pamedan, Jl. Ahmad Yani.

Pj Walikota Tanjungpinang, Hasan mengatakan total anggarannya Rp711 juta bagi 79 orang terdiri dari beberapa model penjual ada yang makanan, minuman, dibagi tiga kategor. Bantuan gerobak tersebut bersumber dana insentif fiskal (DID) yang diberikan dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah daerah.

"Total keseluruhan pedagang ada 216 ,namun jumlah 216 ini sebelumnya kami sudah mengingatkan untuk melakukan verifikasi lagi, karna yang tidak masuk ke dalam DTKS tidak akan mendapatkan bantuan gerobak, tujuan dari bantuan ini ntuk membantu masyarakat dan menurunkan angka kemiskinan di kota tanjungpinang," jelasnya.

"Mudah-mudahan nanti tahun 2024 kita akan siapkan lagi sekitar 80 gerobak khusus kontainer untuk disalurkan lagi kepada para pedagang," tambahnya.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengapresiasi kepada Pemerintah Tanjungpinang peduli dengan pelaku UMKM yang tidak boleh dianggap sebelah mata.

"UMKM ini sebagai salah satu penguat Bumper ekonomi kita makannya kita Pemprov juga memprogramkan bantuan modal usaha supaya UMKM yang butuh modal usaha dia bisa manfaatkan itu," ujarnya.

Lebih lanjut Ansar menambahkan pihaknya sering sharing dengan Pemerintah Tanjungpinang yang merubah performance pedagangnya di Ibukota Provinsi Kepri.

"Makannya nanti masih ada kontainer yang akan di buat pada 2024, tinggal kita verifikasi yang benar-benar untuk usaha kecil mikro jangan sampai dimanfaatkan untuk yang lain," jelas Ansar.

Editor: Yudha