Pj Wali Kota Tanjungpinang Salurkan Bansos Kemensos RI untuk Lansia Tunggal
Oleh : Devi Handiani
Jumat | 20-10-2023 | 12:32 WIB
Pj-Hasan.jpg
Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, saat menyalurkan Bansos Kemensos RI untuk lansia tunggal di Kecamatan Tanjungpinang Barat, Jumat (20/10/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan menyalurkan bantuan sosial berupa makanan siap saji dari Kementrian Sosial RI kepada lansia tunggal se-Kecamatan Tanjungpinang Barat, Jumat (20/10/2023).

Penyaluran pemakanan Kemensos RI ini diberikan setiap hari untuk dikonsumsi lansia tunggal baik suami/istri sesuai dengan kriteria yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga yang bersangkutan.

Bantuan ini merupakan program baru dari Kemensos RI dan pertama kali di Provinsi Kepri tepatnya pada Kecamatan Tanjungpinang Barat.

Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, mengatakan melalui program Kemensos RI dirinya mengapresiasi dan terima kasih tentu ini merupakan kerja sama. "Inikan program luar biasa, artinya program itu secara simbolis diberikan makanan sesuai dengan gizinya yang dilakukan oleh Pokmas (Kelompok Masyarakat) Kecamatan Tanjungpinang Barat," ujar Hasan.

Untuk ketentuan lansia tunggal penerima bantuan pemakanan ini berusia 75 tahun ke atas, kemungkinan terdapat revisi menjadi 70 tahun dalam penerima bantuan tersebut. "Masing-masing dalam satu hari Rp 30 ribu untuk 2 kali makan. Saya kira ini luar biasa programnya, ini merupakan salah satu program pengentasan kemiskinan," ucap Hasan.

Selain itu, Hasan juga meminta untuk mengaktifkan kembali Posyandu Lansia agar para lansia bisa mengecek kesehatan dirinya.

Pada kesempatan yang sama, Bella Minda Wahyuni, Staff Direktorat Rehabilitasi Sosial Lansia Kemensos RI, menjelaskan permakanan khusus lansia tunggal diberikan kepada lansia berupa makanan yang sudah siap konsusmi.

"Kriterianya pertama, dia lansia keluarga tunggal dengan dibuktikan Kartu Keluarga yang hanya ada lansia itu saja. Kriteria kedua tidak mampu, kemudian dia berstatus ada atau hidup di kecamatan yang bersangkutan. Tidak menerima bantuan BPNT PKH," lanjut Bella.

Adapun jumlah penerima bantuan pemakanan di Kecamatan Tanjungpinang Barat sebanyak 11 orang. Sehingga Pokmas selalu memberikan dalam setiap harinya.

"Menu hari ini yang saya lihat ada ayam, sayur buncis, wortel, perkedel, buah pisang," pugkasnya.

Editor: Gokli