Polresta Tanjungpinang Gelar Pelatihan Simulasi Sispamkota Pengamanan Pemilu 2024
Oleh : Devi Handiani
Rabu | 18-10-2023 | 16:36 WIB
Sispamkota-TPI1.jpg
Kegiatan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) yang digelar Polresta Tanjungpinang. (Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Polresta Tanjungpinang menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di depan Gelora Sri Tri Buana Dompak, Rabu (18/10/2023) pagi.

Dalam simulasi Sispamkota Polresta Tanjungpinang ini disaksikan langsung Pj Walikota Tanjungpinang, KPU, Bawaslu Tanjungpinang, DPRD Kota Tanjungpinang, FKPD dan Partai Politik.

Pada Sispamkota Polresta Tanjungpinang tersebut ratusan personil di tambah BKO Brimob Polda Kepri di terjunkan dalam persiapan pengamanan Pemilu 2024 mendatang.

Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol Heribertus Ompusunggu mengatakan pada hari ini bersama Pj Walikota, DPRD, KPU, Bawaslu dan Partai Politik sama sama menyaksikan simulasi Sispamkota.

"Tahapan tahapan yang kita simulasikan awal dari pengamanan logistik, masa tenang, kampanye, pengamanan perhitungan suara, pengamanan KPU dimana terdapat beberapa kelompok yang tidak puas atas pemungutan suara," jelas Kapolresta Tanjungpinang, Kombes Pol Heribertus Ompusunggu.

Mengenai gejolak ataupun kerusuhan di Tanjungpinang, Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol Heribertus Ompusunggu menyampaikan masih minim namun pihaknya akan terus melakukan antisipasi.

"Simulasi ini menggambarkan kepada masyarakat dan seluruh partai bahwa Polri TNI siap umtuk mengamankan Pemilu 2024," jelasnya.

Terkait lokasi titik kerawanan, pihak Kepolisian sementara waktu mendapati satu lokasi rawan yakni di Pulau Penyengat mengingat lokasi tersebut terpisahkan oleh lautan.

"Ada satu yang kita tentukan atau kita flooting personil dengan maksimal untuk mengamankan logistik harus sampai dengan selamat karena dibatasi lautan yaitu Pulau Penyengat," ungkap Kombes Pol Heribertus Ompusunggu.

Satu hari sebelumnya, Polresta Tanjungpinang juga menggelar Operasi Mantap Brata dalam persiapan pengaman Pemilu 2024.

Operasi Mantap Brata yang diadakan Polresta Tanjungpinang ini berlangsung di Lapangan Pamedan Jln A Yani bersama seluruh jajaran Forkompimda Kota Tanjungpinang.

Diketahui bahwa Polresta Tanjungpinang melakukan Operasi Mantap Brata berlangsung selama 222 hari dari 19 Oktober 2023 hingga 10 Oktober 2024.

Editor: Yudha