Polresta Tanjungpinang Gelar Apel Operasi Mantab Brata Pengamanan Pemilu 2024
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 17-10-2023 | 12:56 WIB
Mantap-Brata-TPI.jpg
Apel Operasi Mantab Brata dalam persiapan pengaman Pemilu 2024 di Lapangan Pamedan, Jalan A Yani, Kota Tanjungpinang, Selasa (17/10/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Polresta Tanjungpinang menggelar Apel Operasi Mantab Brata dalam persiapan pengaman Pemilu 2024.

Apel ini berlangsung di Lapangan Pamedan, Jalan A Yani bersama seluruh jajaran Forkompimda Kota Tanjungpinang.

Diketahui Operasi Mantab Brata berlangsung selama 222 hari dari 19 Oktober hingga 10 Oktober 2024.

Kapolresta Tanjungpinang, Kombes Pol Heribertus Ompusunggu, mengatakan untuk keterlibatan pasukan dalam Operasi Mantab Brata, 339 orang personel Polri, 160 personel TNI dan BKO Brimob Polda Kepri 60 orang.

"Strateginya pertama kita sudah melaksanakan pelatihan mulai dari penanganan pengawalan kotak suara, pengamanan TPS, pengamanan saat masa kampanye hingga aksi demonstrasi pada pilkada nanti," ungkap Kombes Pol Heribertus Ompusunggu, Selasa (17/10/2023).

Kapolresta melanjutkan, terdapat satu TPS yang rawan di Pulau Penyengat mengingat wilayah itu dipisahkan oleh lautan. Namun, pihaknya telah mengantisipasi dalam pendistribusian logistik nantinya.

"Tetapi sudah kita antisipasi untuk Sarpras baik itu peralatan maupun pengamanan sudah dialokasikan di Pulau Penyengat tersebut," ujarnya.

Selain itu, terkait keamanan gudang logistik di KPU, Kapolresta Tanjungpinang, menuturkan gudang itu terjamin keamanannya cukup ketat. "Kemarin sudah disampaikan oleh KPU bahwa itu gudang terjamin cukup ketat nanti digembok dan kami sudah membuat surat perintah pelaksanaan penjagaan setiap per 8 jam," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Tanjungpinang, Muhammad Faizal, mengatakan untuk tahap saat ini pihak KPU sedang melakukan verifikasi administrasi atas pencermatan DCT (Daftar Calon Tetap) yang akan ditetapkan pada tanggal 3 November 2023 mendatang.

"Sementara pengumuman DCT tanggal 4 November 2023. Untuk tahapan saat ini juga kita sudah menerima logistik tahap pertama berupa 2.548 bilik suara yang sudah tersimpan di gudang logistik kami," tuturnya.

Masih kata Faizal, sekitar tanggal 18 atau 19 Oktober 2023, KPU Tanjungpinang menerima kembali tinta Pemilu melalui Pelabuhan Sri Bayintan Kijang, Kabupaten Bintan. "Ini yang akan kami koordinasikan kepada pihak kepolisian untuk melakukan pendampingan pengamanan mulai dari turun dari kapal sampai penyimpanan di gudang logistik kami. Kami juga memasang beberapa titik CCTV untuk memantau keamanan daripada penyimpanan di gudang logistik," pungkas Faizal.

Editor: Gokli