Peringati HUT TNI ke-78, Seluruh Satuan TNI di Kepri Gelar Ziarah Makam Pahlawan
Oleh : Devi Handiani
Rabu | 04-10-2023 | 17:24 WIB
ziarah1.jpg
Ziarah Taman Makam Pahlawan Pusara Bhakti Tanjungpinang memperingati HUT TNI ke-78 tahun 2023. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Memperingati HUT TNI ke-78 tahun 2023, jajaran TNI di Kepri menggelar Ziarah Makam Pahlawan Pusara Bhakti km 5 Tanjungpinang, Rabu (4/10/2023).

Pada tahun ini, peringatan HUT TNI ke-78 tanggal 5 Oktober 2023 terpusat di Silang Monas Jakarta dengan mengambil tema TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju.

Dalam Ziarah Makam Pahlawan ini selaku Inspektur Upacara yakni Danrem 033 Wira Pratama, Brigjen TNI Jimmy Watuseke diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, peletakkan karangan bunga dan tabur bunga di makam pahlawan.

"Ziarah Makam Pahlawan ini bertujuan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dan mengandung makna mendalam," ujar Danrem.

"Selain itu mengajak seluruh Prajurit TNI dapat meresapi dan merenungkan setiap perjuangan para pahlawan yang sudah mengharumkan bumi pertiwi dalam mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Danrem menambahkan.

Pada kesempatan yang sama Danlanud RHF Tanjungpinang Kolonel Nav Arief Budiman mengatakan pada hari ini TNI melaksanakan rangkaian dalam peringatan HUT TNI Ke 78 tahun 2023 salah satunya Ziarah Makam Pahlawan.

"Dimana ziarah merupakan suatu tradisi yang kita laksanakan sebelum besok melangsungkan upacara puncak HUT TNI Ke 78. Tujuan kita adalah mengenang kembali jasa jasa pengorbanan dan mengenang arwah pahlawan yang gugur mendahului kita dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia," ungkap Danlanud RHF Tanjungpinang Kolonel Nav Arief Budiman.

Dirinya melanjutkan khusus untuk HUT TNI Ke 78 sendiri berbagai kegiatan telah dilakukan seperti Bhakti Sosial terdiri pembagian sembako, pengobatan massal, olahraga bersama, doa bersama tersebar satuan wilayah TNI yang ada di Kepri khususnya Kota Tanjungpinang.

"Hari ini kita laksanakan kegiatan Ziarah yang dihadiri 4 angkatan TNI dan juga kita undang para pejabat Forkompinda baik Provinsi maupun Kota Tanjungpinang. Dan puncaknya besok kita adakan parade dan defile depan gedung daerah tepatnya Taman Tugu Sirih," lanjutnya.

Dalam parade besok, Danlanud RHF Tanjungpinang Kolonel Nav Arief Budiman mengungkapkan khusus TNI AU akan melakukan Flypass yakni paramotor. Sedangkan satuan lainnya menampilkan simulasi pembebasan sandera, terjun payung dan sebagainya.

"Untuk simulasi skenario pembebasan sandera itu dilakukan oleh Yonif Raider dari Batam dan Kopaska," pungkasnya.

Editor: Yudha