Warga Tanjunguban Gelar Sembahyang Keselamatan untuk Negeri
Oleh : Harjo
Jum\'at | 29-09-2023 | 08:20 WIB
AR-BTD-5020-Buddha.jpg
Seorang warga sedang melakukan sembahyang keselamatan di Vihara Dharma Santi Tanjunguban Bintan. (Foto: Harjo/BTD)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Ratusan warga Tionghoa Tanjunguban Bintan Utara, dan sekitarnya, meramaikan acara sembahyang keselamatan di Vihara Dharma Santi Tanjung Uban, Kecamatan Bintan Utara.

Wakil Ketua Yayasan Dharma Santi Tanjung Uban, Kuandy Kalsiym di sela-sela pembukaan sembahyang keselamatan, Kamis (28/9/2023) mengatakan, kegiatan sembahyang keselamatan tahun ini, untuk kedua kalinya dilaksanakan pasca Covid-19 di Vihara Dharma Santi Tanjunguban.

"Ini memang sudah menjadi agenda tahunan, namun karena ada pandemi Covid-19, sebelumnya sempat ditiadakan. Ini adalah tahun kedua kembali dilaksanakan," ungkapnya.

Dijelaskannya, sembahyang keselamatan tepatnya nanti pada bulan penuh atau full moon, sekaligus adanya moon cack atau kue bulan festival, yang dilaksnakan bulan ke-8 di hari ke-15 sesuai dengan kalender China.

Acara yang diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut ini, pada hari pertama adalah pembukuan yang sekaligus untuk siratulrahmi antara sesama masyaarkat, terutama dengan para tokoh agama dan tokoh masyarakat. Di mana keberagaman antara sesama yang sudah terjalin dengan baik selama ini, sebagai bentuk moderisasi beragama.

Di mana diisi dengan tampilan sejumlah seni, berupa tarian boleh anak-anak Tanjunguban dan penyanyi dari artis lokal dan luar daerah.

"Untuk lebih memeriahkan acara panitia acara mengundnag sejumlah artis, baik lokal dan luar daerah seperti dari Kalimantan Barat dan Jakarta," terangnya.

Dilanjutkan malam berikutny, malam penggalangan dana dengan diisi lelang barang, untuk kelangsungan operasional vihara, serta acara ditutup dengan acara hiburan masyarakat.

"Semoga Tanjunguban khusuanya dan Bintan pada umumnya, bisa semakin kondusif. Apa lagi memasuki pesta demokrasi yang akan digelar Februari 2024 mendatang," harapnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Camat Bintan Utara, Deni Irman Susilo yang berharap sebagai bukti sudah terciptanya kurukunana anatar umat beragama, tercermin dari kegiatan seperti yang diselenggarakan di Vihara Dharma Santi Tanjung Uban.

Semua unsur lintas tokoh agama dan tokoh masyarakat dan pemuda, bisa duduk bersama, sehingga tali siratullrahmi tetap terjalin dengan baik.

"Memasuki tahun politik, tentu hal.ini harus tetap terjaga dengan baik, bahkan harus semakin kokoh, hingga kondisi daerah yang sudah kondusif tetap terjaga," harapnya.

Editor: Dardani