Pusat Informasi Sahabat Anak

DP3APM Tanjungpinang Resmikan Kampung Pisa Kelurahan Senggarang
Oleh : Devi Handiani
Jumat | 15-09-2023 | 17:40 WIB
kampung-pisa1.jpg
Peresmian Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) di Kelurahan Senggarang Tanjungpinang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang meresmikan Kampung Pisa (Pusat Informasi Sahabat Anak) di Kampung Tanjung Sebauk, RW 06, Jalan Daeng Marewa, Kelurahan Senggarang, Jumat (15/9/2023).

Kampung Pisa yang diresmikan ini merupakan sarana prasarana bagi anak-anak untuk mendapatkan informasi, pengetahuan, dan bermain. Di Kampung Pisa juga terdapat pelayanan Polindes, Pos Paud hingga ruang bermain ramah anak.

Acara peresmian Kampung Pisa dihibur oleh penampilan Celoteh Budak Sebauk --binaan salah seorang Guru SDN 008 Tanjungpinang Kota, Bapak Hidayat Palansungka.

Kadis P3APM Kota Tanjungpinang, Rustam, mengungkapkan, Kampung Pisa merupakan satu inovasi luar biasa dari Lurah Senggarang, Camat Tanjungpinang Kota dan masyarakat Tanjung Sebauk.

Di mana Pusat Informasi Sahabat Anak diperlukan dalam rangka mempersiapkan anak anak dengan aktivitas bermain dan belajar yang positif.

"Di sini ada perpustakaan, ruang bermain, Pos Paud, dan Polindes. Ini jarang dimiliki oleh tempat-tempat lain sarana seperti ini. Di perpustakaan juga anak anak bisa menggali informasi dari berbagai hal. Tidak hanya itu, anak anak juga langsung mempraktekkan di pentas yang sudah disiapkan, seperti contohnya Celoteh Budak Sebauk yang sudah tingkat nasional," jelas Rustam.

Rustam menambahkan, Kampung Pisa harus ada pembinaan berkelanjutan dari Pemerintah Kota Tanjungpinang, terutama seluruh OPD yang terkait. Misalnya, menyangkut pariwisata dan kebudayaan, kesehatan, sarana prasarana pertamanan dan lain sebagainya.

"Jadi ini harus berkolaborasi. Nah, kepada camat dan lurah bisa merajut itu semua, dan ini sebaiknya dikelola oleh masyarakat melalui gotong royong, supaya makin lama makin bagus. Jika ini bisa berjalan, maka pelaku usaha UMKM bisa ikut berjalan," lanjutnya.

Terkait pusat informasi sahabat anak ini banyak ragamnya, bisa perpustakaan dan sarana lainnya. Rustam berharap setiap kelurahan memiliki pusat informasi sahabat anak, namun sementara ini yang terlihat hanya di Kelurahan Senggarang.

"Kami sebetulnya mengharapkan di seluruh Kelurahan itu ada. Tapi sementara ini yang sudah nampak baru di sini, untuk tingkat Kelurahan yang menurut saya menonjol dan potensi luar biasa," ungkap Rustam.

Menanggapi hal tersebut, Camat Tanjungpinang Kota Ridwan Budo mengapresiasi atas apa yang sudah dilakukan, oleh karena itu mari sama-sama mendukung Kampung Pisa di Kelurahan Senggarang demi kepentingan anak anak.

"Saya selaku pimpinan tertinggi di Kecamatan Tanjungpinang Kota mengapresiasi kegiatan seperti ini, artinya mari bersama-sama seluruh komponen masyarakat mendukung adanya Kampung Pisa untuk kepentingan anak anak kita semua," tutur Ridwan.

Ridwan Budo melanjutkan dengan kehadiran Kampung Pisa diharapkan bersama komponen masyarakat usaha UMKM bisa maju dengan berkolaborasi antara pemerintah dengan masyarakat.

"Seperti yang disampaikan pak Kadis tadi itu memang betul, seluruh komponen yang berkaitan itu dengan kehadiran Kampung Pisa seperti ini saya pikir UMKM kita bisa maju, kita bisa berkolaborasi antara pemerintah dengan masyarakat sehingga apa yang kita lakukan bermanfaat bagi kampung kita sendiri, Pemerintah, Kecamatan untuk memajukan Kampung Pisa ini," pungkasnya.

Editor: Yudha