Kolonel Agus Abdul Gani Berikan Pembinaan Kerohanian Islam di Rutan Tanjungpinang
Oleh : Devi Handiani
Rabu | 13-09-2023 | 11:24 WIB
Kolonel-Agus.jpg
Wadan Rumkital Tanjungpinang, Kolonel Laut (K) Dr Agus Abdul Gani, saat memberikan pembinaan kerohanian islam di Rutan Tanjungpinang, Selasa (12/9/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wadan Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Midiyato Suratani Tanjungpinang, Kolonel Laut (K) Dr Agus Abdul Gani, berkesempatan mengisi pembinaan kerohanian islam di Rutan Kelas I Tanjungpinang, Selasa (12/09/2023).

Wadan Rumkital menyampaikan, pada hakikatnya, manusia merupakan makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT. Seluruh proses penciptaannya pun telah tertuang dalam kitab suci umat Islam, yakni Al-Qur'an.

Dalam Al-Qur'an, telah dijelaskan manusia diciptakan dari tanah. Kemudian, Allah pun meniupkan roh ke dalam tanah tersebut hingga akhirnya sesosok manusia dapat muncul di bumi untuk pertama kalinya.

Pembinaan kerohanian bagi warga binaan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Rutan Kelas I Tanjungpinang dan wajib diikuti setiap warga binaan sesuai dengan agama yang dianutnya.

Salah satunya terlihat dengan berlangsungnya kegiatan Pembinaan Kerohanian bagi warga binaan khusus yang beragama islam di Masjid At-Taubah Rutan Kelas I Tanjungpinang sekira pukul 11.00 WIB.

Kasubsi Bantuan Hukum dan Penyuluhan Rutan Kelas I Tanjungpinang, Rahmadi Romi, mengatakan tujuan pembinaan kerohanian itu untuk memenuhi salah satu hak warga binaan pemasyarakatan. "Selain itu juga sebagai bekal untuk warga binaan agar menambah wawasan dan pengetahuan secara rohani sehingga bisa mendorong terjadinya perubahan perilaku yang lebih baik saat di dalam Rutan maupun kembali ke masyarakat nantinya," pungkasnya.

Editor: Gokli