Rahma Buka Jambore PKK 2023 Tingkat Kota Tanjungpinang
Oleh : Devi Handiani
Sabtu | 09-09-2023 | 14:12 WIB
Jambore-PKK-TPI.jpg
Jambore PKK 2023 Tingkat Kota Tanjungpinang secara resmi telah dibuka Wali Kota Hj Rahma di Lapangan Pamedan Jln Ahmad Yani, Sabtu (9/9/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Jambore PKK 2023 Tingkat Kota Tanjungpinang secara resmi telah dibuka Wali Kota Hj Rahma di Lapangan Pamedan Jln Ahmad Yani, Sabtu (9/9/2023) pukul 07.30 WIB.

Sebanyak 610 peserta Jambore PKK 2023 Tingkat Kota Tanjungpinang terdiri dari 18 kelurahan dan kecamatan se-Kota Tanjungpinang dengan menyajikan beragama lomba seperti Defile, Kekompakan, Yel yel dan hiburan joget Dangkong.

Agung Wiradharma, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, menjelaskan kader PKK yang berasal dari kecamatan dan kelurahan se-Kota Tanjungpinang adapun tujuan dari Jambore ini adalah untuk menambah wawasan pengetahuan dan berbagi pengalaman serta meningkatkan keinginan tali silaturahmi sehingga para karir dapat termotivasi mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera melalui 10 program PKK.

"Totalnya itu 610 orang dari 4 kecamatan 18 kelurahan dan 1 kota. Jambore ini sebenarnya kegiatan tahunan yang diselenggarakan berdasarkan instruksi presiden di turunkan dalam peraturan menteri dalam negeri dan peraturan walikota jadi setiap tahunnya diadakan Jambore guna silaturahmi antar kader," jelas Agung.

Ia melanjutkan, kegiatan Jambore PKK 2023 Tingkat Kota Tanjungpinang juga diselingi dengan berbagai macam pertandingan seperti Yel yel, sebelumnya sudah dilakukan pertandingan penyuluhan stunting sehingga para kader bisa menunjukkan kemampuan para Kader PKK baik kecamatan maupun kelurahan.

"Pelaksananya satu hari saja dari pagi ini hingga penutupan malam nanti diisi dengan hiburan joget Dangkong. Mereka ini menggunakan berbagai macam gaya, karena itu dinilai oleh dewan juri mulai dari Defile itu sudah di nilai seperti Kekompakan dan kreasi sehingga mereka menunjukkan gaya masing-masing," ungkap Agung Wiradharma.

Ketua PKK Kota Tanjungpinang berharap dengan diadakannya Jambore PKK 2023 Tingkat Kota Tanjungpinang bisa semakin kompak, menunjukkan kreativitas, kemampuan hingga mereka yang tergabung dalam Kader PKK bisa berprestasi bahkan dapat mengikuti jejak Kader PKK dari Senggarang mewakili Provinsi di tingkat nasional meraih juara.

"Inilah ajang mereka menunjukkan skil mereka dari masing-masing Kelurahan maupun Kecamatan. Saat ini tentunya pembinaan Kader supaya bagaimana mereka bisa menunjukkan bahwa PKK itu selama ini lebih dinilai kepada kelompok emak emak menonjolkan gaya hidup, sekarang kita ingin ubah pandangan masyarakat bahwa kader itu bisa memberikan manfaat bagi masyarakat," terangnya.

Pada kesempatan yang sama Walikota Tanjungpinang Hj Rahma mengatakan kepada kader PKK yang mengikuti Jambore ini ataupun yang diwakilkan agar bisa semakin cerdas, inovasi, cerdas dan mencetak generasi penerus yang akan datang tentunya dimulai dari kelompok keluarga.

"Untuk itu saya mengharapkan terus pupuk dan jalin hal-hal baik yang telah berjalan sehingga tim penggerak PKK Kota Tanjungpinang dapat terus berkiprah dan memberikan yang terbaik bagi kota Tanjungpinang," jelas Rahma.

Jambore kader PKK tingkat Kota Tanjungpinang ke-7 tahun 2023 ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan kemampuan motivasi dan yang tak kalah penting tingkatkan tali silaturahmi persatuan kebersamaan dan gotong royong terutama dengan seluruh kader-kader PKK Kota Tanjungpinang dan secara umum untuk bersama-sama membangun Kota Tanjungpinang.

"Jambore diharapkan dapat melahirkan inovasi dalam berkarya sehingga masyarakat dapat lebih berdaya dan maju pemberdayaan terhadap kader PKK mempunyai manfaat yang sangat besar terhadap pelaksanaan 10 program pokok PKK apabila program ini dapat terwujud tentunya akan memberikan dampak positif terhadap kemajuan masyarakat," pungkasnya.

Editor: Gokli