Pentas Seni Kuda Kepang Meriahkan Perayaan HUT RI ke-78 di Polsek Tanjungpinang Barat
Oleh : Devi Handani
Minggu | 03-09-2023 | 15:04 WIB
kuda_kepang_polisi_pinang.jpg
Pentas Seni Kuda Kepang yang diselenggarakan oleh Kelompok Sanggar Sekar Kencana dan Madyo Laras (Foto: Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Perayaan HUT Republik Indonesia ke-78 yang berlangsung di Mapolsek Tanjungpinang Barat semakin meriah dengan kehadiran pentas seni kuda kepang yang dibawakan oleh kelompok Sanggar Sekar Kencana dan Madyo Laras.

Acara berlangsung pada Sabtu (2/9/2023), muai pukul 13.45 WIB, di Lapangan Volly, Jalan Tugu Pahlawan, RW 003, Kelurahan Bukit Cermin, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kota Tanjungpinang.

Kapolresta Tanjungpinang, Kombespol H. Ompusunggu, S.I.K., M.Si., melalui Kapolsek Tanjungpinang Barat Iptu Andri Warman, SH., mengatakan kegiatan ini dengan tema "Kita Tingkatkan Persatuan dan Kebersamaan untuk Kampung yang Lebih Maju," Pentas Seni Kuda Kepang ini telah menarik perhatian masyarakat sekitar. Sebanyak kurang lebih 250 pengunjung hadir untuk menikmati pertunjukan yang penuh makna ini.

Acara ini mendapat dukungan penuh dari aparat kepolisian setempat, yang terdiri dari Bhabinkamtibmas Kelurahan Bukit Cermin, Banit Samapta Polsek Tanjungpinang Barat, Banit Ik Polsek Tanjungpinang Barat. Mereka bertugas untuk memastikan bahwa acara berjalan dengan aman dan tertib.

Penanggung jawab acara, Moch. Abdul Salam, yang juga merupakan Pembina Pentas Seni Kuda Kepang, turut memberikan sambutan yang menghangatkan hati. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah hadir, serta menjelaskan tujuan diadakannya Pentas Seni Kuda Kepang ini.

"Pentas Seni Kuda Kepang ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melestarikan nilai-nilai Kebudayaan Suku Jawa yang mayoritas warga masyarakat RW. 003 Kelurahan Bukit Cermin," kata Bapak Moch. Abdul Salam.

Bapak Salam juga mengingatkan orang tua yang hadir untuk selalu mengawasi anak-anak mereka, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Beliau berharap agar acara ini berjalan dengan lancar dan meriah.

"Pentas Seni Kuda Kepang sendiri merupakan atraksi utama dalam acara tersebut, yang disusul oleh penutupan yang meriah. Acara ini sukses meramaikan perayaan HUT RI ke-78 tahun 2023 dan turut berkontribusi dalam pelestarian kebudayaan suku Jawa," Kata Kapolsek Tanjungpinang Barat Iptu Andri Warman, SH.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan memberikan hiburan kepada warga masyarakat RW. 003 Kelurahan Bukit Cermin, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kota Tanjungpinang.

"Dalam suasana yang penuh semangat dan kebersamaan, Pentas Seni Kuda Kepang di Tanjungpinang Barat menjadi salah satu momen yang tak terlupakan dalam rangka memperingati ulang tahun kemerdekaan Indonesia," tutup Kapolsek Tanjungpinang Barat Iptu Andri Warman, SH.

Editor: Surya