Pawai Budaya Kota Tanjungpinang Siap Digelar 2 September
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 29-08-2023 | 16:04 WIB
Sekretaris-Dispar-Tpi1.jpg
Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang, Faisal Pahlevi. (Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Suasana di ibukota Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) diprediksi akan meriah pada awal bulan September mendatang. Pasalnya, event yang dinantikan masyarakat, yaitu Pawai Budaya 2023 akan semarakkan kota dengan pawai mobil hias serta berbagai atraksi dan keanekaragaman budaya.

Gelaran pawai budaya diagendakan akan berlangsung pada 2 September 2023. Event yang mengangkat tema "Membangun Kebersamaan Untuk Tanjungpinang Gemilang" ini akan diikuti peserta dari SMP, SMA/SMK sederajat, organisasi perangkat daerah (OPD), instansi vertikal, BUMN, sanggar seni, paguyuban, serta organisasi masyarakat.

"Peserta yang mendaftar tercatat hingga Senin (28/8) sekitar 100 peserta, baik dari sekolah, OPD, BUMN, instansi vertikal, paguyuban, dan OPD. Mungkin sampai terakhir pendftaran pada Rabu (30/8) bisa bertambah lagi," kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang, Faisal Pahlevi, Senin (28/8/2023).

"Nanti pada Kamis 31 Agustus 2023 mendatang akan dilaksanakan technical meeting sebagai persiapan peserta mengikuti pawai budaya dan mobil hias pada Sabtu, 2 September mendatang," tambah Faisal.

Disbudpar bersama Dewan Kesenian Kota Tanjungpinang, kata Faisal, telah menyusun yang menarik konsep menarik. Nantinya, kepala OPD akan mengenakan kostum-kostum profesi.

Peserta lainnya juga ada yang memakai pakaian adat nusantara. Nanti juga ada tarian-tarian dan atraksi khas daerah dari para peserta.

"Ada juga mobil hias. Pokoknya, datang dan saksikan akan banyak kejutan di event pawai budaya tahun ini," ajaknya.

Acara dimulai pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai. Untuk pawai budaya start di depan Mal Pelayanan Publik, Jalan H. Agus Salim. Sementara mobil hias start di terminal Sungai Carang, Bintan Center.

"Rute pawai budaya dan mobil hias finish di pelataran Gedung Gonggong, Tepi Laut," jelas Faisal.

Editor: Yudha