Malam Hiburan Tanjungpinang Fest Berlangsung Meriah
Oleh : Devi Handani
Minggu | 27-08-2023 | 08:32 WIB
tanjungpinang_fest_b.jpg
Tanjungpinang Fest berlangsung semarak dengan beragam hiburan pada malam pembukaan di Jalan Merdeka Kota Tanjungpinang, Sabtu (26/8/2023) pukul 20:00 WIB malam (Foto: Devi H).

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tanjungpinang Fest berlangsung semarak dengan beragam hiburan pada malam pembukaan di Jalan Merdeka Kota Tanjungpinang, Sabtu (26/8/2023) pukul 20:00 WIB malam.

Bertepatan dengan malam Minggu, malam pembukaan Tanjungpinang Fest ini banyak masyarakat Tanjungpinang berbondong-bondong datang ke seputaran Jln Merdeka bersama sanak keluarga maupun sahabat karib.

Sebelumnya terlebih dahulu telah dibuka puluhan Stand Bazar UKM/IKM dan Stand pelaku usaha Kopi sehingga dalam Tanjungpinang Fest tersebut terdapat Festival Kopi Merdeka dalam rangkaian Gebyar Melayu Pesisir (GMP).

Tidak hanya itu, pelaksananya berlangsung selama 4 hari berturut-turut sejak tanggal 24 hingga 27 Agustus 2023 di lokasi yang sama dengan beragam hiburan baik tradisional hingga penampilan artis Ibukota.

Perwakilan dari Kemenparekraf Dra Oneng Setya Harini Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur menjelaskan ada 100 event yang difasilitasi oleh pemerintah pusat dan yang mendaftar lebih dari 800 event yang masuk dalam Kharisma Event Nasional (KEN) 2023

"Saya kira ini adalah perlu cukup bangga tetapi tentu saja bagaimana ke depan untuk bisa lebih baik lagi dan penghargaan serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah baik Provinsi Kepulauan Riau maupun juga Pemda atau Kota Tanjungpinang. Untuk kegiatan Festival Kopi Merdeka yang menjadi bagian dari Tanjungpinang festival di tahun 2023 mudah-mudahan ke depan akan lebih baik lagi dan tentu saja hari ini kita sudah melihat bahwa ini luar biasa," katanya.

Ia melanjutkan Provinsi Kepri memiliki potensi wisata pelaku ekonominya ini luar biasa dan sekira ini adalah menjadi potensi bagi bagaimana mengembangkan pariwisata ke depan dan dalam rangka festival kopi Merdeka wisata ini adalah hal yang sangat baik dalam rangka menggerakkan ekonomi masyarakat.

Target dengan kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2023 adalah 8,5 juta untuk wisatawan mancanegara kemudian untuk wisatawan Nusantara pergerakan wisatawan nusantara adalah 1,2 miliar sampai dengan 1,4 miliar.

"Jadi cukup tinggi oleh karena itu event menjadi salah satu strategi yang jitu di dalam pencapaian target-target tersebut dan ke depan. Kami berharap bahwa event-event baik event skala nasional skala lokal terus untuk dilaksanakan karena ini untuk menggerakkan masyarakat berpindah dari satu tempat ke tempat lain, kami harapkan punya event yang cukup besar sehingga dari kabupaten lain itu bisa hadir ke sini dan ini sudah menjadi bagian dari peran dari Kota Tanjungpinang terhadap capaian secara nasional nah kami berharap bahwa ke depan event-event bisa terus diperbanyak tentu saja pelaku budaya pelaku ekonomi kreatif dan juga UMKM memiliki peran yang penting di dalam setiap event yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun juga oleh swasta," lanjutnya.

Sementara itu Wakil Walikota Tanjungpinang Endang Abdullah mengungkapkan ini adalah kesempatan bersama momentum dalam rangka mengembangkan perekonomian Kota Tanjungpinang karena Kharisma Event Nusantara ini ada beberapa event yang harus di kembangkan dan konsentrasi yang harus di kembangkan saat ini tahun 2023.

"Konsentrasi-konsentrasi misalnya di spot bagaimana kita bisa menciptakan dan menyediakan spot yang bisa mendatangkan wisatawan ke kota Tanjungpinang yang kedua bagaimana kita bisa menyediakan musik yang bisa mendatangkan wisatawan ke kota Tanjungpinang. Terakhir konsentrasi yang harus kita garap adalah kreatif Art jadi bagaimana kita mampu seniman-seniman kreator kreator kita ini bisa bercerita untuk Kota Tanjungpinang dan bisa memberikan motivasi dan momentum yang tepat kepada wisatawan yang ujung-ujungnya ini akan memberikan dampak positif kepada pertumbuhan ekonomi Kota Tanjungpinang," ujar Endang Abdullah.

Editor: Surya