Rahma Ajak Seluruh Pegawai Pemko Tanjungpinang Bersatu Wujudkan Indonesia Emas 2024
Oleh : Devi Handiani
Senin | 22-05-2023 | 13:04 WIB
Harkitnas-15-TPI.jpg
Pegawai Pemko Tanjungpinang saat upacara peringatan Harkitnas ke-115 tahun 2023, Senin (22/5/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemko Tanjungpinang menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 tahun 2023 di Halaman Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senggarang, Senin (22/5/2023).

Upacara dipimpin Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma dan diikuti Wakil Wali Kota H Endang Abdullah; Sekretaris Daerah Zulhidayat; Kepala OPD, seluruh ASN, PTT dan THL yang ada di lingkungan Pemko Tanjungpinang.

Wali Kota Rahma membacakan sambutan dari Plt Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Moh Mahfud MD, di mana Hari Kebangkitan Nasional ini dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama.

"115 tahun lalu bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala, hal itu ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908," jelasnya.

Sejak saat itu, lanjut Rahma, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat adil dan makmur.

Di samping itu, Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar tiga tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Lebih lanjut, Rahma menjelaskan, barisan persatuan yang dibentuk Boedi Oetomo adalah satu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit, baik pada masa pra kemerdekaan maupun pascakemerdekaan.

Di masa itu, tambah dia, kemerdekaan telah diraih, dan diharapkan barisan perjuangan harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak mengobarkan api semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia emas 2045.

Rahma menambahkan, Hari Kebangkitan Nasional hari ini juga dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama. Baik Kementerian, Lembaga, Pemda saling membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global baik kesehatan perekonomian hingga geopolitik sekalipun.

Data BPS, lanjut Rahma, menunjukkan perekonomian Indonesia 2022 tercatat tumbuh 5,31 persen, jauh meningkat dibandingkan tahun 2021 hanya 3,70 persen. Bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pendemi di tahun 2019.

"2023 di triwulan 1 masih tercatat 5,03 persen, angka ini artinya menunjukkan peforma yang lebih baik," sebutnya.

Ia pun berharap, dari capaian-capaian ini dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia. "Mari kita syukuri segala langkah kemajuan perbaikan atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan kita. Selamat memaknai dan memeringati hari kebangkitan nasional ke 115 bagi kita semua. Terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit," tutupnya.

Editor: Gokli