54 Wartawan Kepri Ikuti UKW Jalur PWI dan UPN Veteran Yogyakarta di Tanjungpinang
Oleh : Harjo
Jum\'at | 05-05-2023 | 11:32 WIB
UKW_jalur-pwi-dan-upn-veteran-01.jpg
Pelaksanaan UKW melalui jalur PWI dan UPN Veteran Yogyakarta di Hotel Aston Tanjungpinang. (Harjo/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 54 wartawan Kepri mengikuti Uji Kopetensi Wartawan (UKW) melalui jalur PWI dan UPN Veteran Yogyakarta yang diselenggarakan di Hotel Aston Tanjungpinang, selama dua hari yakni tanggal 5 hingga 6 Mei 2023.

Dari 54 peserta, terdiri dari 30 jalur PWI dengan rincian satu kelompok jenjang Utama, satu kelompok jenjang Madya dan tiga kelompok jenjang Muda. Selanjunya jalur UPN Veteran Yogyakarta, jenjang Utama satu kelompok, jenjang Madya satu kelompok dan jenjang Muda satu kelompok.

Anggota Dewan Pers Tri Agung Kristanto, dalam pembukaan UKW tersebut secara daring, Jumat (5/5/2023), menyampaikan, tidak banyak orang yang bisa mengikuti UKW, semoga peserta berhasil dan bisa mengabdikan diri untuk memajukan bangsa dan negara serta masyarakat.

"Mengingat tidak ada data pastinya jumlah wartawan di Indonesia, di mana tahun 2022 ada sekitar 40.000 media online, belum media cetak, radio dan televisi. Waryawan yang sudah melakukan kopentensi dalam kisaran 10 persen," katanya.

Dari data peringkat yang ada, indeks kebebasan pers di Indonesia ada di peringkat 108 dari 180 negara. Tentu permaslahan ekonomi menjadi sala satu pemicunya, yang berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan media termasuk wartawan. Sehingga waryawan jelas harus menunjukkan kualitas.

"Semoga peserta UKW di Kepri kali ini semua lulus, serta bisa mengikuti jenjang berikutnya. Perjuanagn yang luar biasa untuk bisa ikut UKW, mengingat geografis Kepri. Semoga bisa berkarir dan dapat memajukan Pers Indonesia," harapnya.

Sementara itu, Okta Priadi, salah satu penguji dari PWI Pusat, menyampaikan, komitmen PWI terus mendukung wartawan yang lebih berkualitas.

"Mengingat banyak permasalahan media, hal tersebut mengurangi kekerasan terhadap wartawan. Namun wartawan juga harus menjaga kualitas terkait pemberitaan. Apalagi banyak juga yang mengaku-ngaku wartawan," katanya.

Sebaliknya, melalui UKW sudah banyak teman-teman yang berhasil, baik mendirikan media serta memberikan pendidikan terhadap wartawan dengan baik.

Sementara salah satu penguji dari UPN Veteran Jogjakarta, DR Agung, menyampaikan, awal lembaga penguji UPN berdiri tidak terlepas dari peran PWI di Jogjakarta. Semangat UPN terus didorong PWI dan diakomodir oleh Dewan Pers. Hal tersebut sejalan dengan pendirian Prodi Ilmu Komunikasi Jurnalis di UPN Jogjakarta.

"Dalam perjalannnya, dengan sudah puluhan kali melakukan UKW, sudah memiliki alumni ribuan orang di seluruh Indonesia. UKW menjadi salah satu penyumbang naiknya indeks kebebasan Pers Indonesia. Melalui UKW, wartawan semakin baik dan berkualitas," harapnya.

Editor: Yudha