Diikuti 72 Peserta, Malam Ini Pemko Tanjungpinang Gelar Pawai Takbir Idul Fitri 1444 H
Oleh : Devi Handiani
Jumat | 21-04-2023 | 17:08 WIB
Kadiskominfo-Tpi1.jpg
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tanjungpinang, Teguh Susanto. (Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H tahun 2023, pemerintah Kota Tanjungpinang melaksanakan pawai takbir yang akan dimulai dari area terminal Sei Carang, Bintan Center, Jumat (21/4/2023) pukul 19.30 WIB.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tanjungpinang, Teguh Susanto mengatakan, pada pawai takbir Idul Fitri tahun ini Pemko menyediakan bantuan kupon BBM bagi 100 peserta pendaftar pertama.

"Pawai takbir Idul Fitri tahun 2022 lalu hanya diikuti oleh 72 peserta, karena kita masih berada pada level 1 pandemi Covid-19. Alhamdulillah, tahun ini kita telah dinyatakan bebas dari wabah pandemi dan kita bisa melaksanakan ibadah Ramadhan, pawai takbir, dan Salat Id sebagaimana biasanya," kata Teguh.

Pawai takbir Idul Fitri 1444 H tahun ini akan mengambil rute terminal Sei Carang melewati Jalan DI Panjaitan, Ahmad Yani, Basuki Rahmat, selanjutnya ke Jalan Wiratno, Yos Sudarso, melewati kawasan Teluk Keriting, Jalan Hang Tuah dan finish di depan Gedung Daerah Tanjungpinang.

Takbir pada malam Idul Fitri, menurut Teguh adalah bagian dari sunnah muakkadah bagi umat Islam. Dan untuk meningkatkan syiar Islam di Tanjungpinang, pemerintah kota tidak hanya menyediakan bantuan kupon BBM bagi 100 pendaftar pertama namun juga menyediakan hadiah total sebesar Rp 10 juta.

"Idul Fitri tahun ini, adalah Idul Fitri pertama setelah kita benar-benar dinyatakan bebas dari wabah pandemi. Kami mengajak seluruh masyarakat, terutama yang berada di sekitaran rute perjalanan pawai takbir untuk bersama-sama menyaksikan dan menyemarakkan pawai takbir. Lebih dari 100 peserta, dari masjid, surau, musala, ormas, dan OPD yang akan mengikuti pawai takbir Idul Fitri tahun ini," ungkapnya.

Editor: Yudha