Pasarkan Hasil Karya WBP, Kanwil Kemenkumham Kepri Luncurkan Aplikasi Si Pewarna
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 22-11-2022 | 10:28 WIB
Godam-Kumham-Kepri.jpg
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Kepri, Saffar Muhammad Godam, usai meluncurkan Aplikasi Si Pewarna, Senin (21/11/2022). (Foto: Devi Handiani)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Kepri, Saffar Muhammad Godam, meluncurkan aplikasi 'Si Pewarna' (Sistem Informasi Pemberdayaan Warga Binaan) di Aula Ismail Sholeh Kanwil Kemenkumham Kepri, Senggarang, Tanjungpinang, Senin (21/11/2022).

Aplikasi Si Pewarna sengaja dirancang sebagai tempat pemasaran dan promosi hasil karya warga binaan, baik di Lapas maupun di Rutan yang ada di Kepulauan Riau.

Kakanwil Saffar Muhammad Godam berharap kehadiran Si Pewarna bisa mewarnai kehidupan para WBP dalam mengembangkan karya-karyanya.

"Si Pewarna ini belum ada kerja sama dan perjanjian dengan pihak manapun. Ke depan saya berhadap ada kerja sama dengan pihak lain yang sama-sama menguntungkan dan dapat mendorong WBP untuk lebih maju," ungkapnya.

Dikatakannya, WBP sedang merintis dari bawah dengan dibekali ilmu dan sedikit modal dari hasil kerajinan yang mereka buat. "WBP yang sudah dibekali ilmu tinggal mengasahnya saat nanti terjun bersama warga di luar," ujarnya.

Sementara Sekertaris Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM), Eky, menjelaskan, Si Pewarna merupakan inovasi yang bagus khususnya di wilayah Lapas Narkotika serta ini bisa menjadi jembatan untuk para WBP agar tetap produktif di dalam lembaganya.

"Dengan adanya Si Pewarna ini kami merasa terbantu dengan adanya pemberdayaan-pemberdayaan UMKM di dalam Lapas. InsyaAllah kami juga akan menampung WBP yang sudah berbekal ilmu untuk membantu mengembangkan usahanya karena kami akan mengadakan kerja sama dengan pihak lainnya untuk membantu meningkatkan kualitas. Terlebih Si Pewarna ini ada sistem penjualan secara online jadi tidak terfokus dengan penjualan secara konvensional melalui ruang-ruang pamer," tutupnya.

Turut hadir saat peluncuran Aplikasi Si Pewarna, Kadivpas Dwi Nastiti, Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang, Lapas Kelas IIA Tanjungpinang, Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang Eri Erawan, beberapa jajaran Dinas Koperasi terkait.

Editor: Gokli