Peringatan Sumpah Pemuda Ke-94, Ansar Ajak Pemuda Bersatu Membangun Bangsa
Oleh : Devi Handiani
Jumat | 28-10-2022 | 17:40 WIB
Sumpah-Pemuda2.jpg
Gubernur Kepri Ansar Ahmad membuka Event Festival Sumpah Pemuda di Jalan Merdeka Tanjungpinang. (Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022, Pemprov Kepri menggelar berbagai kegiatan dengan meriah di Jln Merdeka Kota Tanjungpinang, Jumat (28/10/2022) pagi.

Pada tahun ini peringatan Sumpah Pemuda diawali dengan upacara dengan menggunakan pakaian adat Nusantara di halaman Gedung Daerah kemudian dilanjutkan kirab budaya dari Gedung Daerah menuju Jalan Merdeka kurang lebih kurang 200 meter dengan berjalan kaki.

Gubernur Provinsi Kepulauan Riau H Ansar Ahmad mengatakan pihaknya membuat event ini begitu meriah sejak dilanda pandemic covid-19 dimana pada biasanya setiap kegiatan banyak bercampur. Namun ini khusus untuk pemuda milenial karena memperingati hari sumpah pemuda.

"Saya bercita-cita di tempat ini (Jalan Merdeka) ada beberapa event Internasional tahunan yang bisa kita buat, termasuk juga pemuda kreasi ini akan kita tindaklanjuti setiap tahun sambil kita mengevaluasi bagaimana ke depan melakukan promosi bisa lebih luas," jelas Ansar.

Masih kata Ansar, peringatan sumpah pemuda yang ke 94 pada tahun 2022 ini dengan tema Bersatu Membangun Bangsa. Pesan ini disampaikan pemerintah bahwa membangun negara ke depan hanya bisa dilakukan dengan bersatu padu bahu membahu dengan elemen komponen masyarakat terutama pemuda.

"Saat ini kita lihat dari sisi demografi pemuda menempati angka lebih 60 persen dari penduduk Indonesia. Maka pemuda produktif yang akan menentukan bangsa ini kedepan lebih maju lagi dari waktu ke waktu," ungkapnya.

Usai penekanan tombol pembukaan Festival Sumpah Pemuda, Gubernur Kepri bersama seluruh FKPD mengelilingi stand bazar UMKM di sepanjang Jln Merdeka dan sekitarnya.

Editor: Yudha