Pemko Tanjungpinang Gelar Upacara Peringati Hari Jadi Ke-21 Kota Otonom
Oleh : Devi Handiani
Senin | 17-10-2022 | 17:24 WIB
Hari-Otonom-Tpi1.jpg
Upacara peringatan Hari Jadi ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang memperingati hari jadi ke-21 Kota Otonom Tanjungpinang di Kantor Walikota Tanjungpinang, Senin (17/10/2022) pagi.

Dalam pelaksanaan tersebut yang awalnya akan digelar di lapangan Kantor Walikota, terpaksa dipindah ke dalam Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah lantai III Kantor Walikota Tanjungpinang karena hujan deras sejak pagi hari.

Namun begitu upacara peringatan hari jadi otonom Kota Tanjungpinang berjalan dengan khidmat yang pimpin langsung Walikota Tanjungpinang Hj Rahma sebagai inspektur upacara dan selaku pemimpin upacara Camat Tanjungpinang Kota Raja Hafizah.

Dalam amanatnya Rahma mengatakan melalui peringatan HUT Kota Otonom Tanjungpinang ke 21 merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat dan kesempatan yang telah diberikan oleh Allah SWT terhadap semua capaian serta kemajuan pembangunan Kota Tanjungpinang, yang tidak terlepas dari jasa pejuang terdahulu serta dukungan dan peran pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi, unsur Forkompinda, DPRD Tanjungpinang dan perangkat daerah.

"Adapun tema peringatan HUT Kota pada tahun ini adalah Tanjungpinang yang maju, Bangkit bersama menuju smart city Madani yang merupakan ajakan, tekad dan motivasi kita dalam melaksanakan pembangunan lebih inovatif dengan pemanfaatan teknologi dan komunikasi untuk mewujudkan kualitas sumberdaya manusia yang cerdas mandiri, tangguh dan berdaya saing tinggi," ujarnya.

Lanjut Rahma, tantangan yang di hadapi sangat berat berbagai krisis mulai dari krisis kesehatan,sampai krisis ekonomi yang belum sepenuhnya pulih dan bangkit akibat pandemic covid-19.

"Namun hal itu tidak membuat kita berputus asa justru menjadikan motivasi dan semangat untuk pulih lebih cepat bangkit lebih kuat secara bersama -sama dengan dukungan semua pihak, agar kita mampu mewujudkan kesejahteraan seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang,"jelas Rahma.

Capaian kinerja untuk meningkatkan pemerataan infrastruktur dan pelestarian lingkungan hidup diantaranya, penanganan kawasan kumuh yang hanya tersisa 11,42 Ha di tahun 2021. Capaian penanganan titik genangan air sebesar 11,11 % pada tahun 2021 angka capaian tersebut meningkat 3,71 % dari capaian sebelumnya.

"Persentase rumah tangga mengakses air bersih pada 2021 mencapai 65,45 %, persentase cakupan pelayanan sanitasi mencapai 99,62% tahun 2021, persentase pengurangan timbulan sampah mencapai 22,09% di tahun 2021. Penambahan panjang jalan terbangun periode 2019 s/d 2022 sepanjang 14,65 Km. Selama kurun waktu 2018-2022 panjang jalan dalam kondisi mantap meningkat sebesar 57,81% menjadi 372,123 km per Agustus 2022," ungkapnya.

Editor: Yudha