Gubernur Ansar Lantik Roby Kurniawan Jadi Bupati Bintan Definitif
Oleh : Devi Handiani
Senin | 03-10-2022 | 12:12 WIB
ansar-lantik-roby.jpg
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat melantik Roby Kurniawan menjadi Bupati Bintan definitif sisa masa jabatan 2021-2024, Senin (3/10/2022) di Gedung Daerah, Tepi Laut Tanjungpinang. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau, H Ansar Ahmad, melantik Robby Kurniawan menjadi Bupati Bintan Definitif sisa masa jabatan 2021-2024 di Gedung Daerah, Tepi Laut Tanjungpinang, Senin (3/10/2022) pukul 08.00 WIB.

Pelantikan Bupati Bintan tersebut diawali dengan pembacaan keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tentang pengesahan pengangkatan Bupati Bintan dan pengesahan pemberhentian Wakil Bupati Bintan, Provinsi Kepulauan Riau nomor 131.21- 5483 tahun 2022, yang mengesahkan Robby Kurniawan menjadi Bupati Bintan sejak tanggal pelantikan hingga berakhir masa jabatan Bupati Bintan hasil pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020.

Keputusan Menteri Dalam Negeri diberikan kepada yang bersangkutan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Keputusan tersebut ditetapkan di Jakarta pada tanggal 23 September 2022 dan ditandatangani Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian.

Dilanjutkan dengan pengucapan dan pelantikan Robby Kurniawan sebagai Bupati Bintan definitif serta penandatanganan berita acara pelantikan Bupati Bintan defenitif oleh Gubernur Provinsi Kepri, Ansar Ahmad.

Gubernur Ansar Ahmad berharap, pertama Bupati sudah memiliki kewenangan lebih kuat setelah dilantik menjadi Bupati definitif terutama seperti dalam hal mengusulkan pejabat -pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bintan, khususnya para eselon dua tetap harus ada persetujuan sedangkan bagi eselon III dan IV pada tingkat pelaksana fungsional tentu sudah menjadi kewenangan sepenuhnya sehingga hal ini tidak menghambat pekerjaan.

"Kita harap beliau bisa memilih personel yang bisa memastikan membangun kinerja Bintan agar lebih baik. Kita harap juga semua indikator makro di Bintan bisa memberikan kontribusi besar ke provinsi karena keberhasilan provinsi tergantung keberhasilan kabupaten/kota, maka kita terus dorong melalui rapat koordinasi Kepala Daerah untuk memberikan penilaian dalam berbagai hal," jelas Ansar.

Di akhir tahun ini, Ansar melanjutkan, akan memberikan apresiasi kepada kabupaten/kota yang telah meraih keberhasilan pada bidang tertentu, selain itu Pemprov Kepri juga akan memberikan teguran khususnya capaian angka-angka yang masih harus dipacu/dorong. Hal ini akan diberikan pada rapat koordinasi dengan Kepala Daerah pada Desember mendatang.

"Mudah-mudahan Kabupaten Bintan bisa lebih maju, karena Bintan merupakan kabupaten induk serta sebagai trigger investasi kita setelah Kota Batam, Karimun dan kabupaten/kota lainnya. Kita ketahui core sumber devisa dan pendapatan daerah di Bintan adalah pariwisata salah satunya maka kita dorong supaya yang masih menjadi sumbatan karena perlu kebijakan Pemerintah Pusat kita dorong supaya bisa mengembalikan kemampuan fiskal daerahnya sendiri karena pariwisata," ujar Ansar.

Editor: Gokli