Danlantamal IV Sebut Pengibaran Bendera di Bawah Laut Wujud Maritime Domain Awareness
Oleh : Asyari
Kamis | 18-08-2022 | 10:04 WIB
kasih-arahan.jpg
Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani saat menyampaikan arahan kepada penyelam yang akan mengibarkan Bendera Merah Putih di Pantai Dolphin, Kabupaten Bintan, Selasa (16/8/2022). (Foto: Asyari)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani mengatakan trending topik terkait pengibaran Bendera Merah Putih di dalam laut pada peringatan HUT Kemerdekaan RI yang dilaksanakan selama ini untuk menunjukkan rasa nasionalis kita sebagai warga negara juga sebagai Maritime Domain Awareness.

Hal tersebut disampaikan Danlantamal IV saat gladi bersih pengibaran Bendera Merah Putih dalam laut di Desa Malang Rapat, Bintan, Selasa (16/08/2022). "Agar masyarakat bisa membangkit kesadaran atas wilayah kemaritinnya," jelas Danlantamal IV.

Maritime Domain Awareness bukan saja di mana masyarakat harus mengamankan laut, tetapi harus menyadari apa saja potensi yang ada di laut.

"Selain mengamankan wilayah maritim, masyarakat juga diminta untuk menggali potensi-potensi yang ada di kawasan laut dan bagaimana kita bisa untuk memanfaatkannya," terang Danlantamal IV.

Indonesia sebagai negara dengan wilayah kepulauan yang luas perairannya dari daratan, maka Maritime Domain Awareness sangat penting untuk di bangkitkan bagi masyarakatnya.

"Indonesia harus membangun Maritime Domain Awareness, yang didefinisikan sebagai pengetahuan apa yang terjadi di laut dalam kawasan pengairan yang berdampak terhadap pengamanan, ekonomi dan potensi-potensi lainnya," tutupnya.

Editor: Gokli