Diguyur Hujan Deras, Jalan DI Panjaitan Kota Tanjungpinang Kembali Dilanda Banjir
Oleh : Devi Handani
Kamis | 02-06-2022 | 15:40 WIB
banjir_dI_panjaitan_pinang.jpg
Banjir di Jalan DI Panjaitan Km IX di Kota Tanjungpinang (Foto: Devi Handani)

BATAMTODAY.COM , Tanjungpinang-Jalan DI Panjaitan Km IX di Kota Tanjungpinang kembali dilanda banjir, ketika dilanda hujan deras pada Kamis ( 2/6/2022 ).

Genangan banjir terpantau ini mulai dari depan Wisma Pesona hingga depan gerbang Perumahan Taman Pesona Asri. Akibatnya pengendara harus memperlambat laju kendaraan.

Menurut keterangan dari Ketua Forum RT RW Kelurahan Batu IX Rumono menerangkan genangan banjir ini terjadi akibat penggundulan lahan di belakang ruko yang tidak di antisipasi dengan ketersediaan parit.

"Itu dampak penggundulan lahan di belakang ruko yg tidak di antisipasi dengan ketersediaan parit yang tidak sebanding ketika hujan turun sehingga menjadi langganan genangan air dan dapat mengganggu kelancaran transportasi bahkan berpotensi terjadinya kecelakaan akibat sisa lumpur dan kerikil yang mengendap di sepanjang bahu Jalan," ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa selama ini bersama masyarakat sekitar telah berupaya membersihan sumbatan alur parit secara manual dan penyemprotan menggunakan mobil damkar.

"Kedepan butuh perhatian khusus dan tuntas dari pemerintah mengingat itu Jalan utama wajah Kota Tanjungpinang ibukota Provinsi. Saya berharap Pemerintah atau pihak yang berkompeten segera memberikan perhatian khusus karena sudah cukup lama daerah itu menjadi langganan genangan air," tutur Rumono.

Sedangkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tanjungpinang melalui Kasie Kedaruratan Yeni menyampaikan genangan banjir saat hujan lebat tadi setinggi lutut orang dewasa.

"Hasil survey turun tadi dekat Perumahan Taman Harapan Indah saat hujan lebat air setinggi lutut orang dewasa tapi setelah hujan reda air menyusut dan kondisi jalan sudah seperti biasa dan bisa dilalui oleh pengendara," ujarnya.

Editor: Surya