Jelang Idul Fitri, Ini Persyaratan Mudik Jalur Bandara dari Kepri
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 21-04-2022 | 13:24 WIB
A-BANDARA-RHF-PINANG.jpg
Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang kini sudah membuat posko angkutan lebaran. (Foto: Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tahun ini merupakan tahun yang dinantikan oleh masyarakat Kepri dan masyarakat luar, pasalnya pada tahun ini pemerintah telah memberikan kelonggaran persyaratan kepada masyarakat yang ingin melakukan perjalanan Mudik Lebaran Idul Fitri 1443 H.

Oleh karenanya memasuki akhir bulan Bulan Ramadhan 1443 H, Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang kini sudah mulai dipadati penumpang yang datang dan pergi.

Demikian ungkap General Manager Bandara RHF Tanjungpinang, Ngatimin, Kamis (21/04/2022). Untuk itu, pihaknya kini telah membuat posko angkutan lebaran selama 15 hari kedepan.

"Semua team bekerjasama dengan stakeholder buat posko Angkutan Lebaran 2022 dari tgl 26 April hingga 10 Mei 2022," jelas Ngatimin.

Berdasarkan surat edaran Kemenhub nomor SE 36 dan nomor 48 tahun 2022 tentang update ketentuan perjalanan dalam negeri (PPDN), yakni setiap pelaku PPDN yang sudah vaksin dosis III tidak wajib menunjukkan hasil test RT-PCR atau Rapid Test Antigen. Sedangkan untuk vaksin dosis II wajib menunjukkan hasil test RT-PCR (3x24 jam) atau Test Antigen (1x24 jam) sebelum keberangkatan.

Sedangkan tidak vaksinasi karena kondisi kesehatan khusus/komorbid sama dengan vaksin dosis II serta wajib melampirkan surat keterangan dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa belum/tidak dapat mengikuti vaksinasi.

Sementara itu, anak di bawah usia 6 tahun tidak wajib menunjukkan PCR/antigen dan wajib didampingi orang tua selama melakukan perjalanan, sedangkan usia 6-17 (telah mendapatkan vaksinasi dosis II) tidak wajib menunjukkan Antigen dan wajib melampirkan sertifikat vaksin dosis II.

Ngatimin menambahkan untuk maskapai berusaha seoptimal mungkin untuk melayani masyarakat Bintan dan Tanjungpinang dengan slot yang ada serta harus mengisi data di aplikasi PeduliLindungi.

"Syarat calon penumpang harus mengisi data di Peduli Lindungi. Sampai semalam sudah 95 persen baik datang maupun pergi, infonya hari ini full. Pandemi belum berakhir, dan pemerintah sudah melonggarkan dalam melakukan perjalanan mudik untuk itu mohon mempersiapkan diri dan keluarga dengan baik. Prokes jaga jarak dan pemakaian masker tetap dilaksanakan semoga bisa bertemu dengan keluarga tercinta dalam keadaan sehat wal'afiat," pungkasnya.

Editor: Dardani