Lapas Narkotika Tanjungpinang Gelar Apel Siaga Sambut Bulan Suci Ramadhan
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 31-03-2022 | 16:22 WIB
Wahyu-P.jpg
Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang, Wahyu Prasteyo. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang melaksanakan apel siaga dalam menyambut bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H/2022 Masehi, Kamis (31/03/2022).

Acara tersebut dihadiri UPT Pemasyarakatan se-Tanjunginang dan Bintan, antara Lain, Lapas Narkotika Kelas II A Tanjungpinang, Rutan Tanjungpinang, Bapas dan Rupbasan Tanjungpinang, sedangkan untuk wilayah Batam, Balai Karimun dan Dabo Singkep dilaksanakan pada UPT masing-masing.

Apel tersebut dipimpin Kabid Pelayanan Tahanan, Kesehatan Rehabilitas, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan, Omo Suratmo. Dia menyampaikan permohonan maaf dari Kadivpas yang tidak dapat hadir pada kegiatan ini dikarenakan sakit.

Lanjutnya, kegiatan apel siaga menyambut bulan suci Ramadhan merupakan salah satu wujud nyata dalam melaksanakan 10 prinsip pemasyarakatan, dan merupakan tindak lanjut dalam memenuhi tujuan 3+1 dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dalam mewujudkan pelayanan emasyarakatan yang semakin PASTI.

"Kami mohon agar seluruh jajaran Pemasyarakatan di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan agar dapat selalu melaksanakan tugas dan fungsi-nya sesuai dengan peraturan yang berlaku, marilah bersama kita selalu dapat menjaga Marwah Pemasyarakatan agar nama Pemasyarakatan Khususnya di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau dapat menyumbangkan Nilai Nilai positif," ungkapnya.

Selanjutnya, Omo Suratmo mengingatkan jajajangan pemasyarakan jampai kita menyumbangkan nilai-nilai negatif bagi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, dengan cara meminimalisir segala bentuk ancaman gangguan keamanan dan ketertiban di seluruh satuan kerja pemasyarakatan yang ada di Kepulauan Riau, tujuannya agar seluruh satuan kerja pemasyarakatan yang ada di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau berada dalam keadaan aman dan kondusif.

"Oleh karena itu saya mengajak seluruh jajaran pemasyarakatan agar dapat melaksanakan hal-hal positif untuk mewujudkan target kinerja Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Tahun 2022. Melaksanakan 10 Prinsip Pemasyarakatan secara maksimal mewujudkan 3 kunci sukses pemasyarakatan dan Back To Basic, Meningkatkan Kualitas Kinerja dan Disiplin Petugas Pemasyarakatan, Meningkatkan penyelenggaraan Pengamanan pada Lapas dan Rutan dan menambah pengetahuan petugas tentang pelaksanaan tugas fungsinya di kantor masing-masing, semoga kondisi Lapas/Rutan dan LPKA senantiasa dalam keadaan aman," tutup Omo Suratmo.

Sementara Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang, Wahyu Prasteyo mengatakan apel ini dilaksanakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan idul Fitri 1443 Hijrah. Diharapkan melalui kegiatan ini seluruh UPT pemasyarakatan siap melaksanakan berbagi kegiatan ibadah di bulan suci ramadhan dengan keadaan aman dan tertib.

"Karena di bulan suci Ramadhan ini banyak kegiatan yang kita lakukan seperti sholat taraweh, tadarus bersama, sahur bersama, agar terciptanya kebersamaan dan terasa suasana Ramdhan untuk teman-teman yang ada di sini," ucapnya.

Editor: Gokli