MTQ ke-16 Kecamatan Tanjungpinag Kota

Hadiri MTQ di Penyengat, Marlin Berharap Tak Ada Lagi Ambil Peserta dari Luar Kepri
Oleh : Devi Handiani
Jum\'at | 11-03-2022 | 12:00 WIB
marlin-mtq1.jpg
Wagub Kepri, Hj Marlin Agustina dan Wako Tanjungpinang Hj. Rahma hadiri MTQ tingkat Kecamatan Tanjungpinang Kota di Pulau Penyengat. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kecamatan Tanjungpinang Kota menggelar Musabaqoh Tilawatil Quran ( MTQ ) ke-16 tahun 2022 di Halaman Masjid Raya Sultan Riau Pulau Penyengat, Kamis ( 10/03/2022 ) malam.

Pada MTQ kali ini berbagai cabang yang akan diperlombakan di antaranya Tartil Quran, Tilawah Quran, serta Qasidah dan Marawis. Kegiatan MTQ tersebut di buka secara langsung Walikota Tanjungpinang Hj Rahma S,IP.

Camat Tanjungpinang Kota Raja Hafizah dalam laporannya mengungkapkan tujuan diadakannya MTQ untuk menumbuhkembangkan pemahaman dan pengalaman isi kandungan al-quran serta untuk menyeleksi peserta terbaik di tingkat kecamatan yang nanti akan diikutsertakan pada musabaqah Tilawatil Quran tingkat Kota Tanjungpinang Tahun 2022.

"Cabang yang diperlombakan adalah Tartil putra dan putri berjumlah 8 orang Tilawah Quran putra dan putri 8 orang tilawah Quran remaja putra dan putri 8 orang tilawah Quran dewasa putra dan putri 8 orang qasidah ibu-ibu dan marawis remaja 4 grup adapun tema dalam pelaksanaan musabaqah Tilawatil Quran Tahun 2022 adalah melalui MTQ ke-16 tingkat Kota Tanjungpinang kita bangun generasi Qurani yang cerdas dan berakhlakul karimah menuju Tanjung Pinang yang beradab dan bermartabat," jelasnya.

Rahma dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas pelaksanaan MTQ ke 16 Tingkat Kecamatan Tanjungpinang Kota. Jadikan kegiatan ini untuk memperkuat generasi muda dalam memahami Al Qur'an.

"Saya berharap generasi muda di Kecamatan Tanjungpinang Kota selalu mencintai Al Qur'an dan terhindar dari perbuatan negatif. Jadikan ajang MTQ ini sebagai momen untuk membiasakan diri membaca Al Qur'an. Dan kepada seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang dapat mengamalkan isi Al Qur'an dalam kehidupan sehari-hari terkhusus masyarakat pulau penyengat saya berharap sejak dijadikannya pulau penyengat sebagai pulau Tahfiz teruslah bersemangat dan menghafalkan Al-Qur'an," terang Rahma.

Sementara itu, Wakil Gubernur Provinsi Kepri Hj Marlin Agustina menjelaskan dalam kepemimpinannya sebagai Ketua LPTQ Provinsi Kepri kurang lebih satu tahun ini sudah banyak perubahan yang telah dilakukan.

"Alhamdulillah mudah-mudahan dengan saya sebagai ketua LPTQ pertama dari perempuan ada perubahan ke depannya khusus yang ada di Provinsi Kepri, " jelas Marlin dalam arahannya.

Marlin melanjutkan covid-19 belum selesai diharapkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, kuncinya ada dua harus memakai masker dan telah di vaksin lengkap.

"Saya baru saja sembuh dari varian omicron jadi untuk itu kepada seluruh masyarakat protokol kesehatan tetap diterapkan agar kita bisa terhindar dari Covid 19. MTQ tingkat provinsi ke 31 nantinya akan dilaksanakan di Anambas pada bulan Juni," ujarnya.

Dirinya menegaskan jangan ada lagi pelaksanaan MTQ mengambil peserta dari luar Provinsi Kepri gunakan SDM pada masing-masing daerah.

"Kemarin saya menekankan tidak ada lagi yang mengambil peserta dari luar provinsi Kepulauan Riau kalau memang kita mau menang kita siapkan SDM masing-masing jangan ambil dari luar setelah menang mereka pulang kita tidak dapat apa-apa. 2045 nanti visi Indonesia ini adalah golden age atau usia emas jadi dari sekarang lah kita harus mempersiapkan mereka menjadi anak-anak yang hebat ke depannya apalagi teknologi sekarang ini sangat luar biasa ya sekolah daring semuanya dah melalui teknologi," pungkas Marlin.

Editor: Yudha