Rahma Ziarah Makam Leluhur Sempena Hari Jadi Kota Tanjungpinang ke-238
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 06-01-2022 | 10:12 WIB
rahma-ziarah-leluhur1.jpg
Walikota Tanjungpinang, Hj Rahma Ziarah makam leluhur memperingati Hari Jadi Kota Tanjungpinang ke-238 tahun. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ziarah makam para leluhur sudah menjadi tradisi dalam setiap peringatan Hari Jadi Kota Tanjungpinang. Tak terkecuali pada tahun ini, tradisi ini juga tetap dilakukan sempena peringatan Hari Jadi Ke-238 Kota Tanjungpinang Tahun 2022 Rabu (5/1/2021).

Ziarah makam ini diikuti oleh Wali Kota Tanjungpinang Rahma, Wakil Wali Kota Tanjungpinang Endang Abdullah, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Teguh Ahmad Syafari, Unsur FKPD, Ketua TP-PKK Kota Tanjungpinang, Kepala OPD, Ketua dan Anggota LAM, tokoh masyarakat dan tokoh adat.

Ada enam lokasi makam leluhur Tanjungpinang yang diziarahi, diawali dari makam Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah di Kampung Melayu, Kelurahan Melayu Kota Piring.

Sesampainya di makam, rombongan melaksanakan prosesi acara yaitu pembacaan riwayat singkat tokoh yang diziarahi, mengganti kain penutup nisan, mengucurkan air bunga, menabur bunga rampai, tahlil dan doa.

Perjalanan dilanjutkan dengan menziarahi makam Daeng Marewa yang berlokasi di Kampung Kota Raja, Kelurahan Kampung Bugis dan makam Daeng Celak di Sei Timun, Kelurahan Kampung Bugis.

Kemudian, rombongan bertolak dari Pelabuhan Sei Ladi melanjutkan ziarah ke makam Raja Haji Fisabilillah, Engku Puteri Raja Hamidah, dan Raja Ali Haji di Pulau Penyengat, dengan prosesi acara yang sama. Selanjutnya rombongan menuju Masjid Sultan Riau Pulau Penyengat.

Wali Kota Tanjungpinang Rahma menyampaikan, kegiatan ziarah makam ini dilaksanakan secara rutin agar senantiasa mengingat peran penting dan jasa-jasa perjuangan para leluhur, bukti bahwa tidak pernah melupakan sejarah.

"Kita harus mengingat sejarah terbentuknya Tanjungpinang dan mengenang jasa para pejuang. Kita bisa seperti hari ini, karena ada perjuangan dari para tokoh pendahulu kita," ujar Rahma.

Tidak hanya itu, Rahma mengungkapkan, dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-238 Kota Tanjungpinang, pihaknya akan menggelar bermacam kegiatan diantaranya do'a bersama, bazar kuliner dan hiburan untuk masyarakat.

Kegiatan dengan tema 'Kemilau Hari Jadi Ke-238 Tahun Kota Tanjungpinang' akan dipusatkan di Lapangan Pamedan Ahmad Yani. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 3 hari dari 6 - 8 Januari 2022. Diantaranya rangkaian Upacara Hari Jadi Kota Tanjungpinang, pengajian dan ceramah, bazar kuliner, dan panggung hiburan rakyat antara lain kuda kepang, pencak silat, band, musik akustik, fashion show baju melayu, filosofi tanjak, gendang tambur, kesenian angklung, biola, syair gurindam 12, musikalisasi puisi dan tarian nusantara.

"Besok akan melaksanakan rangkaian upacara, setelah itu malamnya kita berdoa bersama di Lapangan Pamedan. Mudah-mudahan masyarakat Tanjungpinang menyempatkan diri hadir, kita doa bersama untuk kota yang kita cintai ini dan ada juga malam hiburan dua malam," ujarnya.

Ia menegaskan, rangkaian kegiatan tersebut akan tetap menerapkan protokol kesehatan, karena pandemi COVID-19 masih ada. "Saya tegaskan segala sesuatu yang dikerjakan harus tetap dengan protokol kesehatan," imbuhnya.

Editor: Yudha