Diluncurkan 26 Januari 2022

Bebas Visa ke Berbagai Negara, Imigrasi Tanjungpinang Layani Pembuatan E-Paspor
Oleh : CR-3
Kamis | 30-12-2021 | 18:09 WIB
e-paspor.jpg
Kepala Imigrasi Tanjungpinang, Khairil Mirza. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang dalam memasuki tahun 2022 mendatang akan meningkatkan kualitas kinerjanya dalam pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Salah satunya adalah pembuatan Paspor Elektronik (e-paspor) karena pihak Imigrasi Kelas I Tanjungpinang diberikan kepercayaan dari pimpinan pusat untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat wilayah Kepri pada umumnya dan Tanjungpinang.

Selain itu, resolusi kerja tahun 2022 Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang akan meningkatkan kualitas SDM, penataan dan pemeliharaan barang milik negara (BMN) dengan baik, meningkatkan sumber PNBP, masyarakat memperoleh kepastian hukum, meningkatkan kenyamanan bagi pemohon jasa keimigrasian, hadir di tengah masyarakat, meningkatkan Indeks kepuasan masyarakat (IKM) dan melaksanakan anggaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku secara transparan dan akuntabel, dengan DIPA tahun 2022 sebesar Rp 10.755.973.000.

"Mungkin Pemerintah Daerah di sini bisa langsung membuat paspor cukup di Kantor Imigrasi Tanjungpinang tidak perlu lagi menyeberang ke Batam. Kita akan permudah semuanya kami akan membuka diri bagi masyarakat yang membutuhkan jasa dari pihak Imigrasi. Kami siap hadir di tengah masyarakat dan akan jemput bola," ungkap Kepala Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, Khairil Mirza, Kamis (30/12/2021).

Keunggulan dari e-paspor ketimbang paspor biasa yakni bebas visa ke berbagai negara, seperti ke Jepang, dilengkapi chip untuk menyimpan berbagai data biometrik pemegang paspor, chip merekam data perlintasan sehingga tidak diperlukan lagi penerapan cap, pemindaian pada mesin autogate jauh lebih cepat dan lebih aman dari tindakan pemalsuan.

"Kita sudah siap dan sudah dikirim dari pusat sebanyak 300 buku e-paspor dan juga sudah lengkap dengan SDM serta peralatan. E-paspor ini akan kami launching nanti pada hari Bhakti Imigrasi tanggal 26 Januari 2022," lanjut Mirza.

Selain e-paspor, ada beberapa layanan inovasi dari Kantor Imigrasi Tanjungpinang di antaranya layanan cepat tanggap (SITANCAP), SILAPOR untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada pemohon prioritas seperti difabel, lansia, balita, dan ibu hamil. "Ada juga SIBOLANG adalah pelayanan tanpa turun (Drive Thru) bagi pengambilan paspor yang sudah selesai dicetak," tutupnya.

Editor: Gokli